Penjual Putu

By: agussyafii

Kemaren sore sepulang kerja istri saya minta dibelikan putu. Setiap sore hari
biasanya ada penjual putu yang selalu lewat di depan rumah kami. begitu penjual
putu lewat, saya langsung memesan putu, yang saya suka putunya berwarnai hijau
yang terbuat dari pandan yang harum. Rasanya manis dan empuk.

'Bang Putu ya..'kata Hana. 'Baik neng.'jawab penjual putu. 'lagi rame ya
bang.'tanya saya. 'alhamdulillah, rizki selalu ada mas agus.'katanya. Rasa
kecukupan yang dimiliki oleh penjual putu adalah kekayaan yang teragung yang
menghasilkan rumah-rumah cinta yang teduh dan dan menyejukkan bagi penghuninya.

Rumah yang teduh dan menyejukkan hanya akan ditempati oleh penghuninya yang
memiliki 'deep listening' dan 'loving speech'.  Kemampuan untuk menjadi
pendengar yang baik dan bertutur untuk membantu bukan menyakiti hati orang lain
itulah yang membuat rumah menjadi indah sebab para penghuninya menghiasi dengan
bertutur kata penuh kasih terhadap sesamanya yang bermuara dari rasa kecukupan
terhadap semua anugerah Alloh SWT.

Saya teringat kata-kata Sayyidina Ali bin Abi Thalib, 'Bila hati penuh syukur,
kita menemukan cinta dimana-mana.' Kali ini saya menemukan cinta yang agung
didalam hati yang penuh rasa syukur dari seorang penjual putu.

Wassalam,
agussyafii

--
Tulisan ini dalam rangka kampanye program 'Amalia Love Green (ALG)' Ahad,
tanggal 14 Juni 2009, di Rumah Amalia, Jl. Subagyo Blok ii 1, no.23 Komplek