Mas Ary :

Lha amerika kok disubyo-subyo. .. lha wong biangnya

---

ko_jano :

Mumpung daya nalar janoko lagi fresh, begini dan begitu, kalau kita mau menilai
suatu negara, kelompok masyarakat sebaiknya tidak melupakan budaya atau
filsafat yang dianut oleh Negara atau kelompok masyarakat tersebut.

Contoh, orang jawa. Kita bisa menilai karakter bongso jowo tersebut dengan
melihat budayanya yang Adiluhung. Kemudian kalau kita mau menilai bangsa
Amerika, maka kita harus melihat filsafat yang dianutnya, maka kita akan tahu
bahwa bangsa Amerika ( sebagian besar ) menganut filsafat Pragmatism (
(philosophy) the doctrine that practical consequences are the criteria of
knowledge and meaning and value ).

Nah setelah kita mengerti bahwa Amerika menganut filsafat Pragmatism, maka akan
kurang tepat kalau kemudian kita menilai Amerika tersebut merupakan gudang
"ini" atau gudang "itu" karena akan bisa sekali dan mungkin sekali Amerika
menjadi suatu negara dimana masyaraktnya mengikuti Islam karena faham filsafat
yang dianutnya tersebut.
Maksud saya, bukan suatu hal yang tidak masuk akal kalau penduduk Amerika
berbondong - bondong menganut Islam.

Supaya janoko tidak banyak berujar, silahkan ditanggapi dan dikritisi lebih
dulu pendapat janoko tersebut diatas.

Salam

-o0o-