From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
[mailto:wanita-musli...@yahoogroups.com] On Behalf Of Ary Setijadi
Prihatmanto
Sent: Tuesday, June 09, 2009 6:41 AM
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] Boediono Berperan Terhadap Tumbuhnya
Sistem Syariah

mas Arcon sd siap-siap ke Bali... ;-)

Islam yang beku selama 1200 tahun memang begitu mas wikan.
Keberhasilan dunia Islam setelah jaman Rasulullah itu kan berkat charity
dan kebaikan penguasa.
Lha namanya juga kerajaan, kesalehan individu menjadi krusial.

Bukan karena penerapan nilai-nilai keislaman secara sistemik.
Akibatnya ya bicaranya juga individual, zakat ya urusan individual,
mau cukup atau nggak, bukan urusan...

Saya kira hal itu juga terjadi di eropa hingga habis masa kerajaan.

Kita baru bicara kesejahteraan secara sistemik kan baru-baru ini saja,
yaitu sejak konsep nation-state diterapkan
(hehehe bentar lagi akan ada yang bilang ini kerjaan Freemasonry)
siapa saja yang jadi pemimpin, ada guideline yang harus diikuti, jika
tidak diikuti ya dicopot

baru di sini kita bisa lihat nilai-nilai islam diimplementasikan secara
sistemik.
tafsiran zaman dulu, bisa jadi tidak lagi islami jaman ini, termasuk
yang 2,5% itu.

selain itu konsep pajak yang dulu terkait dengan individu raja,
atau pajek dengan individu preman, ;-)
sekarang terkait dengan sistem yang menaungi orang banyak, negara,
jadi mirip dengan konsep BMT jaman rasul.
akibatnya pajak, retribusi dan zakat IMHO menjadi identik.

Salam
Ary