Alaikumsalam,
Salam kenal kembali.

Pendapat saya [ bukan dokter]; lantaran para dokter disini masih diam membisu.

Sakitnya itu sejak pertama mulai dapat haid atau baru2 saja?
Sakit/nyeri itu yg gimana? Relatif sih ya.
Makanya ada cuti haid karena rasa 'sakit- tidak enak- diare' itu bisa hilang
dengan istirahat, tiduran.
Tapi kalo tidak tetahankan minum obat pereda sakit-analgesik.

Sebaiknya sih cari tahu sakitnya sejak kapan.
Kata nya sih kalo dari pertama mulai haid sudah sakit mungkin kedudukan rahim
yg abnormal.
Kalo karena kedudukan rahim yg abnormal maka setelah menikah ,dan hamil akan
menormalkan kedudukan rahim.
Sakit juga disebabkan karena kurang darah-anemia, TBC, keletihan yg amat sangat.

Kalo sakitnya baru2 saja mungkin selain karena kurang darah, TBC, keletihan
juga ada faktor lain misal karena keputihan.
Atau ada infeksi jamur di kemaluan dan sekitarnya bahkan mungkin di rahim.

Kalo masih sakit juga meskipun haid sudah selesai mungkin kena endometriosis
Kalo rasa sakitnya gak tertahankan, melilit - kolik mungkin ada polip rahim.
Jadi periksa saja ke dokter lebih dini.
Periksa ke dokter lebih dini lebih murah ongkosnya, jadilah juga pasien yg
cerdas tanya2 gitu jangan kayak Prita Mulyasari.
Dah kejadian baru nyap2 :-)

Herbal itu bukan untuk menyembuhkan kalo dah tahu sebab sakitnya misalnya
karena anemia, herbal itu hanya sebagai
'penambah nafsu makan'. Kalo kurang darah/anemia, sering2 minum susu, makan
sayur bening bayam, makan sate kambing :-)
Makan tempe mendoan. Anemia itu obatnya enak2.
Ngapain gitu konsumsi obat herbal, mahal gak enak pula.
Lagipula kalo dikit2 konsumsi herbal kalo gak cocok atau suatu saat nanti bisa
kena ginjal dan hati.
:-)
Jadi yg paling utama menurut saya jangan deh dikit2 minum obat, kalo bisa
hindari itu obat meski cuma obat2 warung sekalipun.
Jamu, obat herbal apalagi, banyak dicampur zat2 aneh

Salam,
l.meilany