  From: istiaji sutopo
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Friday, July 31, 2009 5:14 PM
  Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: (Tanya) Butuh info ttg vegetarian

  Assalaamu’alaikum wr. Wb.

  Kami berikan sedikit gambaran inti vegetarian, berarti orang yang hanya makan
makanan dari tumbuh2an secara langsung.

  Semua manusia yang hidup pada dasarnya memakan makanan yang berasal dari
tumbuh2an.

  Manusia memakan beras, tempe, daging ayam, daging sapi, ikan, buah papaya,
buah mangga.

  Nah, ayam kan makan rumput dan nasi dll. Sapi makan rumput dan daun2an, ikan
memakan lumut tumbuhan. Bukankah berarti secara tidak langsung seluruh makanan
manusia itu hakekatnya adalah tumbuh2an.

  Kita kan memang tidak makan : singa atau serigala atau burung elang yang
pemakan hewan / bangkai bukan ?

  Namun disini kami jelaskan bahwa ternyata memakan daging ayam atau sapi,
apalagi daging kambing ( terutama yang  lezat lemaknya aduhai … ), udang,
sotong .. itu  … akan membuat “beban berat “ aliran bagi darah kita, khususnya
sesudah berumur diatas 40 tahun. Dan terlebih apabila mengandung lemak dan
kolesterol berat seperti udang.

  Buktikan saja! Kalau kita ( 1 ) habis makan nasi padang pakai rendang atau
nasi ayam goreng atau semur daging sapi; dibanding ( 2 ) habis makan nasi
dengan tempe goreng dan sayur pecel.

  Maka dari ( 1 ) pasti kita cepat merasa mengantuk, menunjukkan betapa berat
perut dan aliran darah bekerja, dibandingkan dari ( 2 ) yang ternyata masih
tetap segar bugar …

  Itulah Ilmu dari Allah !!!

  Orang yang terlalu sering makan yang bernyawa … umurnya relativ akan lebih
pendek dan cepat terkena sakit : darah tinggi, jantung, lever, ginjal, bahkan
stroke bila kebangetan lemak dan kolesterolnya .. terus cepat mati ( secara
ilmu medis ).

  Bayangkan saja 2 pohon yang satu cepat lapuk dan satu lagi masih tumbuh
segar. Itulah contoh bagaimana manusia pemakan hewan, telur, santan dll ..
dibanding orang-orang yang hanya makan sayur2an, tempe, tahu sehari-hari ..

  Meskipun dizaman modern ini berbagai pengobatan dan obat2 anti kolesterol –
pembakar lemak dll. dapat kita akui tetapi itu kan kurang alamiah, terkesan
dipaksakan dan tidak boleh lengah …

  Nah, nasihat untuk memulai vegetarian, coba saja makan nasi dengan sayur
asem, sayur bayem dengan tahu goreng, tempe goreng setiap hari, atau apapun
menu yang dasarnya tumbuhan semata. Tetapi seminggu sekali boleh mampir Pizza
Hut misalnya agar tidak tersiksa, pasti jauh menikmatinya. Diatur lama2 2
minggu sekali makan enak, terus satu bulan sekali ..tetapi yang disiplin donk
.. Lagi pula kan masih ada makanan lezat lain : seperti buah2an segar ..kue2
tepung gula dll ..kan ?

  Jangan terlalu rindu duniawi ini ya ?… Kan kita diciptakan Tuhan semata2
untuk mengabdi pada-Nya bukan ? Jadi abdikan diri kita hanya untuk Dia ..
shalat, puasa, zakat, haji, berbuat baik, dzikir-doa-mengaji-belajar ilmu agama
- silaturahmi sesama manusia, jauhi larangan-Nya. Makan tahu-tempe gak apa yang
pentiung bisa bertahan hidup koq, ya   kan ? Nanti di Surga makan sepuasnya
apapun hewan atau tumbuhan pokoknya aman tidak ada penyakit disana apalagi
hidup abadiu dan tidak akan mati-mati ..ha ha ha ....

  QS. ( 051 )   ADZ DZAARIYAAT  ( 056-057 )

  ( 056 )    وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
  “ WAMAA KHALAQTUL JINNA WAL INSA ILLAA LIYA'BUDUUN “.
  Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi
kepada-Ku.

  ( 057 )    مَا أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ
  “ MAA URIIDU MINHUM MIRRIZKIW WAMAA URIIDU  AYYUTH’IMUUN “.
  Aku tidak menghendaki rezki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki
supaya mereka memberi-Ku makan.

  Restauran vegetarian di Singapore atau Batam sudah banyak. Di Bekasi kami
kurang tahu .. cobalah buka web misalnya wikipedia.com .. dll…

  Lalu coba lakukan puasa Nabi Dawud as. Yaitu puasa sunnah yang paling baik
menurut Nabi Muhammad saw.

  Karena pelaksanaannya : sehari puasa, sehari tidak .. manfaatnya luar biasa,
ada makna ghaib yang dahsyat … kesejahteraan bagi tubuh dan ruhani kita serta
perlindungan Nyata dari Allah swt …. Tetapi jangan lupa niatnya sungguh2
mencari Ridha Allah swt…agar supaya diberi kekuatan terutama gizi “ Allah swt “
yang mampu menandingi gizi hewani itu – meski kita cuma sahur dengan minum aqua
1 liter tanpa makanpun ....

  Secara medis tubuhpun ( perut dan usus dan aliran darah ) dipelihara dengan
teratur : sehari kerja keras .. esok istirahat ..dst ..sangat harmonis
disanding puasa Senin-Kamis …

  Namun ilmu makanan non hewani tadi penting sekali, agar benar2 memahami
bagaimana kita menjaga tubuh ini dalam kesehatan yang terpelihara secara
alamiah, terutama umur diatas 40-50 tahun .. rambutpun tidak cepat memutih …
demikian pula kulit .. lihatlah fenomena pohon lapuk itu saja …

  Karena itu, masa muda anda manfaatkanlah sebaik mungkin nikmati makanan
modern yang lezat2 ..( bergizi katanya ). Sebab diwaktu muda manusia memilki “
daya anti
  body “ yang masih sempurna, sehingga mereka dapat menangkal efek apapun yang
mengganggu peredaran darah. Tetapi setelah tua “ anti body tersebut mulai
menlorot “ – kecuali dengan terapy refleksi kaki secara istiqamah …misalnya ...

  Ingatlah kita ingin mati dalam keadaan tenang, tanpa menderita sakit sama
sekali dimasa tua kita, tidak mau bikin repot anak2 / keluarga ... kalau Allah
swt. menghendakinya Insya Allah ..

  Orang2 pemakan hewan, telor, santan2an … dimasa tuanya macam2 sakitnya ..
bisa berlama2 dirumah sakit, menyusahkan keluarga dll… yang kanker, jantung,
asam urat, darah tinggi, ginjal, lever, leukemia dll. bahkan sampai
komplikasi,sampai stroke  ..sakit sekali dan menderitanya luar biasa  …. yang
banyak kami perhatikan selama ini ..

  Kita berharap dengan vegetarian, saat mati kita dak usah pakai sakit lah
..habis shalat ..tidur pulas ..terus langsung wafat, enak kan ? Tidak usah
menjerit2 ketika Malaikat Sakaratul Maut menjemput kita …… Itulah Ilmu Allah
swt. yang dikaruniakan pada manusia …

  Justru ada satu cerita nyata : Seorang Ustadz gemuk dia punya darah tinggi,
tampak segar bugar  ..tapi tidak mau diet.

  Suatu hari ada perhelatan, dengan salah satu jamuan paling digemari
masyarakat masa kini : kambing guling .. Dia dinasehati kerabatnya, malah
tertawa … ( agak khilaf dia ) katanya “ rasakan yang tak mau makan enak “ ..dia
makan entah berapa piring dengan nikmatnya sang kambing guling itu …

  Tiba2 besoknya beliau stroke, masuk rumah sakit selama 1 minggu tidak sadar,
keluarganya begitu sedih, begitu mendadak, begitu kerepotan pontang-panting
rumah-hospital … setelah itu beliau wafat. Innalillaahii ..

  Kambing itu sangat berbahaya bagi orang darah tinggi, dia bisa menghambat
aliran darah demikian dahsyat … Buktinya ?

  Demikianlah yang tidak mengerti makna vegetarian … Beliau mungkin berfaham :
kan mati di tangan Tuhan ?.

  Bukan begitu !

  Meski takdir mati ditangan Tuhan, tetapi Tuhan melihat upaya kita, mengerti
Ilmu yang dikaruniai-Nya. Allah swt. bisa menunda kematian kita, bukankah Allah
swt. Maha Berkehendak menurut apa saja sesuka-Nya …

  Akhirul kata, ada yang mengilhami kami masalah vegetarian ini, cerita sang
ahli refleksi bahwa di Pegunungan Himalaya ada suatu makhluk manusia yang bisa
hidup sampai 200 tahun karena hanya memakan rumput2an .. ( tumbuh2an maksud
kami ) …

  Bagaimana ? Menarik bukan sungguh menakjubkan ...

  Wallahu a’laam bis shawwab.
  Wassalaam / Ismail

  --- On Fri, 31/7/09, dr. HRM Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd.