Rahma Yanti :

Sambil nanya: sabar dalam islam yang difahami pak janoko pake dalil
apa? surat berapa? ayat berapa? hadits siapa shhhh (eyang pigi mane
sehhhhh) ?

----

Janoko menyampaikan :

[2.45] Dan mintalah pertolongan (kepada Allah)dengan sabar dan
(mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat,
kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,

[2.153] Hai orang-orang yang beriman, mintalah per tolongan (kepada Allah)
dengan
sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah besertaorang-orang yang
sabar.

[2.155] Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit
ketakutan,
kelaparan,kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira
kepada orang-orang yangsabar,

[2.177] Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu
kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah,
hari
kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab,nabi-nabi dan memberikan harta yang
dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir
(yang
memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan
(memerdekakan)hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat;dan
orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang
sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Merekaitulah
orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

2.250] Tatkala mereka nampak oleh Jalut dan tentaranya, mereka pun (Thalut dan
tentaranya)berdo`a: "Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami,
dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir".

Janoko

-o0o-