Yang lebih asyik ya?..hmmm kata orang2 yang menerapkan hukum cambuk, cambuk itu
lebih asyik...:-)). Just kidding.

Saya pikir sih bagi yang menerapkan hukum cambuk, ukurannya bukan asyik gak
asyik, sesuai HAM skrg ato gak (pastinya sesuai HAM dahulu...he..he). Tapi
Allah say so in AlQur'an, that is all. Kalo Allah sudah menetapkan itu, dah
pasti lebih banyak manfaat dari pada mudharatnya. Toh bukannya Allah gak tau
kalo nanti ini manusia akan membuat hukum2an semacam suntik mate, setrum or
etc. Bukannya Allah gak tau kalo manusia akan berubah dan berubah
(berkembang)pemikirannya.

[Jadi mending, nurut 'asyik2nya' ato 'ape kate Allah aja dah']

Saya pikir juga bagi yang menganggap hukum cambuk cuma untuk jaman baheula tsb
(golongan yang mengambil inti dr suatu ayat/kontekstual)karena memang pada saat
ayat tsb diturunkan di masyarakat arab itu yang dikenal cuma hukum cambuk doank
(kali?), so Allah bicara begitu. Pokoke yang penting bagi golongan ini adalah
intinya orang tsb harus dihukum seberat-beratnya.

Tapi kemudian saya pikir lagi (ini mau2nya saya neh), kenapa Allah terus gak
bilang,"gunakanlah hukuman yang seberat-beratnya bagimu karena kamu tahu mana
yang terbaik bagi dirimu" supaya manusia disini gak pada ribet and ribut soal
tafsir yg kontekstual dan literal.

Ha..ha...dasar manusia. Mo pagimane juga tetep aje ribet bagi yang ribet. ribut
bagi yg demen nyari ribut. istiqamah bagi yg demen istiqamah. Tetep aje akan
ade banyak macem2 orang. so...pisss ah!
Yang penting positif thinking aja and kita kontrol pelaksanaan hukuman tsb.
Kalo ade yang miring dlm pelaksanannya kita coba luruskan dan kritisi agar
menjadi lebih baik dan berhasil. Tentunya ini juga gak bisa sekali jadi and
langsung sukses.

Kalau memang ini dianggap suatu ilmu yg harus didiskusikan, silakan aja diskusi
tapi gak perlu tereak tereak yg gak perlu.

wassalam,

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "total" <total_sacrif...@...> wrote:

> gunakan hukuman yg lebih asyik dong... setrum kek, sngat tawon atau ditetesi
> timah panas hehehehehhhh.

Kirim email ke