Sunny,

Harusnya pertanyaannya gini Sun..."Kalau hukum cambuk cocok untuk manusia yang
kelakuannya spt binatang liar maka pertanyaannya ialah: Mengapa hukum tsb
diberlakukan di Aceh ..."...Naah jawab sendiri deh kira2 knp.

Anggap aja lah ini sebagai 'kebiasaan umum' di Aceh yang beda dgn 'kebiasaan
umum' di daerah laen...:-)).

Kalo saya sih kita lihat aja komen2nya orang Aceh sendiri disana ya? Kita lihat
saja apakah ini berhasil membuat Aceh lebih 'bermoral'?? karena saya masih
mendukung 'trial and error' dalam penerapan hukum.

****

NB: Sebetulnya juga hukum cambuk tidak diaplikasikan pada binatang, karena
binatang gak punya hukum....he...he. Binatang (kuda, kerbau)di pecut ato di
cambuk manusiapun, bukan krn di hukum kan ye? hmmm semacam bahasa/perintah.

Hukum itu berlaku untuk manusia saja, sayang. Nah kebetulan ada hukum yang
berbentuk cambuk, suntik mate, tembak, setrum, di siksa abizzz (illegal?) kayak
di alcatraz or guantanamo. Silakan pilih mana yg sesuai dengan rasa kemanusiaan
disuatu daerah.