Karangan tanpa disertai dukungan bukti-bukti nyata diklasifikasikan fantasi
atau juga fiksi, mungkin saja dari fantasi ini menjadi inspirasi atau visi
untuk misalnya  sesuatu ciptaan benda atau pandangan baru.

  ----- Original Message -----
  From: Wikan Danar Sunindyo
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, November 26, 2009 6:23 AM
  Subject: Re: [wanita-muslimah] 2012

  kalau buku2 Jules Verne itu menurut saya bukan sembarang fiksi yang ngarang
  lebih tepat disebut sebagai "visi", pandangan jauh ke depan
  mengenai kemajuan ilmu pengetahuan di jaman yang akan datang yang
  mungkin tidak dibayangkan oleh orang2 di jamannya
  misalnya tentang penerbangan ke bulan dan penjelajahan dasar samudera
  visinya cukup detail mengenai bagaimana teknis dan cara mencapainya
  yang kemudian diwujudkan oleh ilmuwan2 dan engineer di masa2 selanjutnya
  bagaimanapun juga masih banyak yang kagum dengan kecanggihan cara
  berpikir verne dan "impian2"-nya
  sampai2 "mesin2 ciptaan" beliau diwujudkan dalam suatu museum

  wikan

  2009/11/26 sunny <am...@tele2.se>

  > Film atau cerita yang bukan fiksi ialah film documentary atau dokumentasi
fakta. Anak-anak mempunyai banyak fantasi atau fiksisama halnya dengan orang
dewasa.

  > Fiksi itu tergantung yang mana, ada yang disebut sebagai hiburan dan
kadang-kadang memberikan inspirasi untuk sesuatu penemuan baru dan dunia
bertambah maju. Lihat saja buku-buku karangan Julius Verner tengang kapal di
bawah permukaan laut, kemudian impian ini dibuat orang kapal selam. etc.