Bapak membenturkan antara Islam vs Barat
padahal kalau dalam terminologi keilmuan tentang agama di Eropa &
Amerika, Islam itu dianggap sebagai "agama barat", seperti halnya
Yahudi dan Nasrani, karena asalnya yang dari barat, ditandingkan
dengan "agama-agama timur", seperti Budha, Hindu, Konghucu, Taoisme,
yang sering dianggap oleh "agama barat" sebagai agama yang "tidak
valid", "agama bumi" bukan "agama langit" karena "nabi-nabi"-nya tidak
berasal dari langit/Tuhan-nya agama barat/agama ibrahimi.

"agama barat" punya kecenderungan untuk mengklaim kebenaran, sementara
umat lain dianggap belum menerima kebenaran jadi harus diperangi atau
"dicerahkan". sementara "agama timur" menitikberatkan pada keselaran
dan keseimbangan antara alam dan manusia. makanya, jarang kita dengar
konflik antar agama timur karena perluasan keyakinan. biasanya lebih
dilandasi karena kepentingan politik ketimbang perang agama.

dalam indonesia yang penuh dengan agama ini, apa kita bisa ngomong
kita nggak butuh orang kristen, kita nggak butuh orang budha, kita
nggak butuh orang hindu?
sementara mereka semua itu tetangga kita, yang ikut serta membangun
rumah kita, menjaga rumah kita supaya tidak kemalingan.
apa lalu kita berhak untuk mengusir mereka, sementara nenek moyang
mereka hidup jauh lebih lama ketimbang kita, umat islam.
bahkan nenek moyang kita sekalipun dianggap sebagai tidak beragama,
karena mereka dianggap menyembah batu dan berhala, padahal mereka
bermaksud melindungi keseimbangan alam dari perusakan-perusakan.

apa yang orang islam lakukan? menteri kehutanan dari partai islam
menyetujui perluasan HPH dan perusakan hutan. tutup mata terhadap
kerusakan alam yang terjadi.
menteri kehutanan jaman pak harto yang orang china malah lebih strict
dalam memberikan HPH sehingga kerusakan hutan bisa dihambat.
duit buat dana reboisasi malah dipake sama mantan menteri pak harto
yang ketua organisasi cendekiawan muslim buat bikin pesawat.
jadi di mana kontribusi orang islam buat perbaikan alam semesta?
sementara Tuhan memerintahkan orang islam supaya bisa jadi rahmat bagi
alam semesta.

wikan