Mas Dwi,

Diana L Eck menyampaikan empat point pluralism :
- Pertama, pluralisme adalah keberagaman tidak sendirian, tapi energik
keterlibatan dengan keanekaragaman
- Kedua, pluralisme bukan hanya sekedar toleransi, tetapi aktif mencari
pemahaman melintasi garis perbedaan.
- Ketiga, pluralisme bukan relativisme, tetapi komitmen perjumpaan.
- Keempat, pluralisme didasarkan pada dialog.
(cek sumbernya di http://pluralism.org/pages/pluralism/what_is_pluralism)

Mungkin kalau MUI menyepakati konsep pluralism yang ditawarkan Diana L Eck,
fatwanya akan lain :)

Wassalam
Abdul Mu'iz