Kang Jaya guha lalay sering dikunjungi oleh anak-anak mapala UI, mereka
mengeksplorasi berbagai goa yang ada di kecamatan Bayah (Desa Darmasari, Desa
Cijengkol dan Desa Sawarna) bisa dilihat
srisariningdiyah.multiply.com/photos/album/143 - 110k ,
kaskus.us/showthread.php?p=12280766 - 100k - yang pernah datang ke Bayah. Kalau
saya belum pernah masuk goa lalay, habis gak ada sarang waletnya.
Saya pribadi pernah masuk goa yang ada di desa Cijengkol (Goa Wayang tahun 1990
pas lulus kuliah),  mencari sarang walet. konon menurut cerita masyarakat
sekitar tiap Selasa Kliwon di Goa Wayang suka terdengar gamelan yang menyerupai
gamelan wayang. Itu kan mitos, saya pribadi tidak mempercayainya. Barangkali
bunyi yang menyerupai gamelan diakibatkan hembusan angin yang masuk
rongga-rongga goa menimbulkan bunyi dengung atau barangkali suara interval
perut bumi "ngung...ngeng...ngung...ngeng..." Akh....walau bagaimanapun di
dalam goa itu gak enak lho, gelap, pengap sedikit merinding.....tapi bagi yang
hobi mengeksplorasi goa-goa barangkali itu mainan yang sudah biasa.

Adalagi objek wisata yang cukup menarik yaitu di Cikotok yaitu bekas
pertambangan mas yang sekarang oleh Pemda Lebak dijadikan tujuang wisata yaitu
Geowisata. Masuk lorong-lorong bekas ngambilin mas di dalam tanah, wah seru
nih.

Kang Jaya, pernah masuk Goa ? gak perlu deh, banyak nyamuk, gelap, dingin,
belum ditambah bahayanya besar. Kang Jaya sudah punya isteri ? Mendingan
mengeksplorasi goa isteri saja deh, gak ada resikonya...he..he..he..he....

SP Saprudin