Yup, saya pernah melihat mumi Asli klo gak salah waktu itu saya masih baru
lulus SD, saat itu yang didatangkan adalah Mumi Ramses 2, moment acaranya
FEstival istiqlal (lupa festival istiqlal ke berapa gitu...).
  ----- Original Message -----
  From: /edi hudiata/
  To: WongBanten@yahoogroups.com
  Sent: Saturday, December 13, 2008 1:25 PM
  Subject: Mumi Firaun di Mal Serang

        Siang ini, Sabtu 13 Desember 2008, saya sengaja ke Mal Serang mencari
sesuatu. Begitu menuju lantai basement, saya kaget, ada pameran Mesir Kuno
persisi di depan Supermarket. Saking penasaran saya dekati dan bertanya pada
Satpam:

        Saya       : "Ini pertunjukan apa,  Pak?"
        Satpam   : "Pameran Mumi dari Mesir, Pak..."
        Saya       : "Mumi asli? Yang dari Mesir?" suara saya agak kurang
percaya.
        Satpam   : "Iya, ini kerjasama antara Mal Serang dengan Kedutaan Mesir"

        Tak lama, saya pun segera membeli tiket masuk seharga Rp. 10.000
(sepuluh ribu rupiah).

        Kepada Si Mbak yang melayani tiket saya bertanya lagi:

        Saya       : "Mumi nya asli dari Mesir, Mba?"
        Mba        : Melihat saya terlebih dahulu, kemudian menjawab dengan
mode wajah yang kurang meyakinkan : "Hmm... iya Mas, ini kerjasama dengan
Kedutaan Mesir" ditambah senyum simpul dari pipinya yang memerah...

        Saya dan kawan segera masuk, diikuti beberapa anak sekolah berseragam
Pramuka.

        Begitu sampai di dalam.... Hmmmmmmmmmm....

        Kami duduk berjajar di kursi plastik, disuguhi tontonan mumifikasi para
pakar dari Amerika yang mencoba teori mumifikasi orang-orang zaman Firaun. Dan
ternyata berhasil.

        Setelah nonton sekitar 15 menit-an, kami dipersilakan keliling ruangan
tertutup dan gelap itu. Mata saya sedari tadi mengincar mumi Firaun yang
katanya asli dari Mesir. Di jajaran pertama terpampang patung para raja Firaun.
Di ujung pintu keluar baru saya liat sebongkah mayat mumi dilindungi kaca
etalase. Dan, Ya Allah... ternyata hanya mainan...

        Saya tersenyum sendiri mengingat betapa bodoh saya ini... Mana ada mumi
asli dari Mesir dibawa ke Mal Serang. Setahu saya mumi itu ditempatkan seara
khusus di museum Tahrir, dengan suhu udara yang harus selalu dikontrol, tidak
boleh kurang juga tidak boleh lebih.

        Dulu, entah kapan persisnya, saya pernah dengar mumi Firaun sempat
dibawa ke Jakarta pada suatu perayaan besar Islam. Itupun mendapat penjagaan
super ketat. Maka, jika ada mumi Firaun di Mal Serang, hehehe... itu hanya
mainan!

        Untuk sekedar hiburan silakan datang ke Serang Mal, tapi jangan
berharap mendapat kepuasan yah... hehe...

        Edi Hudiata HMT

        "Agar Hidup Lebih Bermakna"

        visit me at:
        http://edihudiata.multiply.com