Kang Albatani dan rekan...

Saya kenal dekat dengan yang bersangkutan. Saya bisa kenalkan Kang
Albatani ke ybs jika ada sesuatu yang ingin sharing bersama.

Ybs sangat idialis dan punya cita-2 membangun parawisata Banten. Dalam
sebuah presentasi di Jerman saya pernah mendengarkan paparan
presentasinya bahwa Banten sangat potensial memiliki keunggulan
kompetitif Parawisata.

Ybs memaparkan persamaan Banten dan Valencia. Di Spanyol dulu tujuan
Wisata itu cuma 3, mirp dengan Indonesia yaitu Madrid (ibukota) jika
Indonesia Jakarta, Barcelona kota Budaya jika di Indonesia adalah
Yogyakarta, dan Mallorca kota wisata Pulau jika di Indonesia Bali.

Tiba-2 dalam waktu 10 tahun Valencia menyamai reputasi ketiga kota
diatas dalam hal Parawisata. Akhirnya ybs meneliti kenapa Valencia
bisa revitalisasi. Penelitian juga dibandingkan Ke Banten. Apakah
Banten memungkinkan melakukan revitalisasi seperti Valencia?

Jawab dari penelitiannya: Banten sangat layak untuk menjadi Valencia
van Indonesia. Seperti Valencia yang akhirnya sejajar dengan Madrid,
Barcelona dan Mallorca, ternyata dalam hal parawisata Banten sangat
layak sejajar dengan Jakarta, Yogyakarta dan Bali. Itu hasil kertas
kerja dari ybs.

Lalu kertas kerja tersebut oleh WUSKI (lembaga Pemerintah Jerman)
diberi apresiasi. Wuski meminta ybs untuk menjalankan visi dan misinya
ke Kota Balikpapan. Kenapa Balikpapan, kenapa tidak Banten? Mungkin
ini persoalan teknis saja, ini menyangkut kerja sama antara lembaga
dan institusi.

Tapi thesis dan kertas kerja dari Karnila Willard adalah "Menjadikan
Banten sebagai Pusat Parawisata di Indonesia seperti Valencia di
Spanyol..."

Salam hangat,

FR

--- In WongBanten@yahoogroups.com, das albantani <dasalbant...@...> wrote:

> apakah kang ferizal kenal dekat dgn beliau..? saya ingin juga
berkenalan... siapa tau tertarik utk pulang kampung

> salam,
> @kodas

Parawisata di Balikpapan

http://www.metrobalikpapan.co.id/berita/index.asp?IDKategori=64&id=12549