http://ferizalramli.wordpress.com/2009/10/10/pemeringkatan-universitas-mitos-dan\
\
-realitas/

Pemeringkatan Universitas: Mitos dan Realitas

(Quote: Ranking universitas itu bukanlah apa-2. Itu sama sekali "TIDAK" berguna.
Tanggung jawab kita masing-2 untuk berkarya buat negeri ini dengan penuh
dedikasi itulah yang jauh lebih memberikan manfaat…)

XXX

Terlepas setuju atau tidak setuju dengan metodologi pemeringkatan tetap saja
setiap ada publish peringkat universitas dunia menyebabkan masyarakat Indonesia
ikut larut menyimakanya. Di Indonesia yang paling hangat didiskusikan adalah
ranking dari THES-QS dan dari Webo (Webometrics Ranking of World Universities).

Dalam sejarah pemeringkatan universitas versi THES-QS, UGM dan UI saling
mengalahkan untuk jadi nomor 1. Pada tahun 2009 ini UI dipilih oleh THES menjadi
yang terbaik di Indonesia. ITB selama THES mempublish rankingnya belum pernah
sekalipun menjadi yang terbaik.

Untuk ranking WeBo, UGM selalu nomor 1 sepanjang tahun dan nyaris tidak bisa
diimbangi oleh universitas lainnya. Tercatat hanya 1 kali ITB berhasil
mengalahkan UGM. Selebihnya UGM terlalu superlatif untuk bisa diimbangi dalam
ranking versi Webo oleh Universitas lainnya di Indonesia.

Mungkin inilah salah satu sebabnya ranking versi THES-QS menjadi lebih menarik
buat masyarakat Indonesia dibandingkan Webo, karena persaingan antara UGM dan UI
sangat kentara di THES dan saling mengalahkan.

Berikut ini ranking terbaru versi THES:
http://www.topuniversities.com/university-rankings

University Ranking 2009:
World Asia Intitusi
201 50 UI
250 63 UGM
351 80 ITB
— 119 IPB
— 130 Unair
— 171 Undip
— 171 UNS
— 191 Unibraw

KRONOLOGIS ranking THES-QS dari tahun ke tahun:

Tahun 2004
(Saya ndak punya datanya)

Tahun 2005
UGM 341
ITB 408
UI 420

Tahun 2006
UI 250
ITB 258
UGM 270

Tahun 2007
UGM 360
ITB 369
UI 395

Tahun 2008
UI 285
ITB 315
UGM 316

XXX

ANATOMI RANKING 2009 di Universitas Asia per kelompok Ilmu

Subject Ranking:
Art and Humanities
14 UGM
15 UI
50 ITB

86 IPB
92 Unair
96 Undip

Life Sciences & Biomedicine
16 UGM
29 UI
50 ITB

59 Unair
90 Undip
92 IPB

Natural Sciences
27 ITB
37 UGM
58 UI

70 IPB
98 Undip

Social Science
18 UI
25 UGM
50 ITB

64 Unair
71 Undip
88 IPB
90 Unibraw

IT & Engineering
21 ITB
44 UI
51 UGM
86 Undip
87 IPB

XXX

ANATOMI RANKING 2009 di Universitas Asia per Kriteria Penilaian

Ranking University by Criteria:

Academic Peer Review:
24 UGM
28 UI
38 ITB

Recruiter Review
31 UI
46 ITB
49 UGM

Student to Faculty Ratio
67 UI
191 ITB
250 UGM

Citations per Paper
81 UGM
169 UI
189 ITB

International Faculty Review
158 UGM
272 UI
319 ITB

International Student Review
181 UGM
264 ITB
325 UI

Student Exchange Inbound
135 UI
144 UGM
Non ITB

Student Exchange Outbound
73 UI
212 UGM
Non ITB

Ranking untuk Bidang Ilmu:
Art and Humanities
14 UGM
15 UI
50 ITB

Life Sciences & Biomedicine
16 UGM
29 UI
50 ITB

Natural Sciences
27 ITB
37 UGM
58 UI

Social Science
18 UI
25 UGM
50 ITB

IT & Engineering
21 ITB
44 UI
51 UGM

Catatab: Untuk ranking berdasarkan criteria ini jangan kaget banyak universitas
negeri atau swasta yang mengalahkan reputasi UGM, UI dan ITB, meskipun secara
umum ketiga Universitas tersebut tetap yang terbaik.

XXX

Kritik tentang pemeringkatan THES-QS

Menurut saya pribadi, ranking THES atau Webo sama sekali "TIDAK" memancarkan
kualitas yang sejati dari sebuah Universitas. Pemenangnya by design selalu
Universitas dari English Speaking countries.

Padahal klo benar-2 kajian ilmu yang dinilai maka hasilnya bisa sama sekali
berbeda, misal:

- dalam kajian Pemenang penghargaan internasional seperti Nobel, saya kira
Jerman hanya kalah dari AS.
- dalam banyaknya publikasi ilmiah, maka Jerman hanya terkalahkan oleh Amrik,
sementara Universitas di Amrik puluhan bahkan ratusan ribu sementara di Jerman
paling cuma 300 biji saja.
- dalam kajian paten penemuan maka Jepang cuma kalah dari Amrik dan Jerman
dibawah Jepang dan Amrik.
- dalam kajian para alumni-nya menduduki posisi penting baik di perusahaan
maupun di Negara. Tentu saja negara-2 seperti Jerman dan Jepang mesti punya
reputasi terhormat karena selain Amrik, Jerman dan Jepang lah pemilik MNC (Multi
National Company) terbanyak di dunia.

Posisi Perancis pun dalam banyak hal seimbang dengan Inggris dan nyaris sama
dengan Jerman dalam hal paten, publikasi ilmiah dan ilmuwan pemenang nobel
misalkan.

Tapi mengapa Universitas dari Jerman, Perancis dan Jepang yang nota bene tidak
berhasa Inggris, justru kalah dengan Universitas dari Australia, Singapura,
Kanada misalkan?

Jika melihat prestasi-2 negara diatas mestinya sulit buat Universitas dari
Aussie atau Canada mengimbangi Jerman, Jepang atau Perancis.

Jadi, ranking ini dalam kajian kualitas adalah "dhobos besar" (saya tulis dalam
tanda kutip) yang by design untuk kepentingan Universitas di English speaking
countries.

Tapi buat saya pribadi yang lulusan UGM, saya S-U-K-A (saya tulisan dengan huruf
besar dan sambil tersenyum) sekali dengan rangking THES dan Webo, he,he,he… :d

UGM itu NDESO dan alumninya terlalu low profile untuk bilang kemana-2 bahwa kami
terbaik. Akibatnya, secara awareness dan top of mind dari stakeholder, UGM
selalu ditempatkan dibawah UI dan ITB.

Namun sejak ada ranking Webo, UGM (hehehe) jadi terlihat begitu superlatif
dihadapan ITB dan UI. Sejak ada THES, UGM dan UI begitu saling mengalahkan.

Ranking itu sih "ndhobos", tapi sebagai alumnus UGM, saya & saya kira seluruh
sivitas akademika UGM diuntungkan. Saya bisa tetap layaknya alumnus UGM
bersikap, yang tetap ndeso. Tetapi secara gratis dapat privilege, karena Webo
dan THES bilang kemana-2 pada dunia bahwa UGM itu hebat. Meskipun mereka
"dhobos" tapi aku SUKA, he,he,he…

XXX

"Pemenang" dan "Pecundang" versi THES-QS

Sebenarnya siapakah "pemenang" dan "pecundang"dari ranking THES-QS ini semenjak
dipublish beberapa tahun terakhir ini?

Ini pendapat saya pribadi, terlepas dari setuju atau tidak setuju methodologi
THES, "PEMENANG" di Indonesia adalah:
1. UNS (Universitas Sebelas Maret)
2. UNDIP (Universitas Diponogoro)

"PECUNDANG"-nya adalah: Unpad! (Universitas Padjadjaran)

UNS, mungkin salah satu kampus paling muda, bahkan dulu buat para akademisi
Yogya, orang lebih kenal Prof. Dr. Kuntowibisono (mantan Rektor UNS) dari pada
UNS-nya sebagai institusi. Tetapi saat THES-QS mempublish rankingnya, UNS secara
luar biasa diatas Universitas Negeri lainnya yang jauh lebih tua seperti Unpad,
ITS dan Unibraw, tentu saja sudah pasti diatas USU atau Unand (Sumatera) dan
Unhas (Sulawesi).

Fantastik, UNS bisa mensejajarkan diri dalam reputasi (versi THES tentu saja)
sejajar dengan Undip, Unair dan IPB. Di Webo pun peringkat UNS amat baik. Yang
dibutuhkan UNS saat ini cuma satu: konsultan marketing untuk memoles citranya :)

Yang juga diuntungkan dengan THES adalah UNDIP. Dalam beberapa ranking terakhir
Undip bahkan beberapa kali lebih baik dari pada Unair dan IPB. Jika dibuat
kronologis versi THES maka Undip hanya terkalahkan dari UGM, UI dan ITB.

Yang paling kelihatan jeblok dengan ranking ini adalah Unpad. Namanya nyaris tak
terdengar. Seakan-2 reputasi Unpad seperti menjadi bagian sejarah masa lalu…

Sekali lagi, ini amatan saya secara pribadi…

XXX

Hanya ranking itu bukanlah apa-2. Itu sama sekali TIDAK berguna. Tanggung jawab
kita masing-2 untuk berkarya buat negeri ini dengan penuh dedikasi itulah yang
jauh lebih memberikan manfaat…

Dari tepian lembah Sungai Isar
Ferizal Ramli

Kirim email ke