sekedar curhat jeung pernah menjadi pengalaman pribadi..
sepanjang hidup saya, rasanya saya tdk pernah menuntut hak atau membalas secara
lisan or tulisan
terhadap kritikan dan tekanan yg menghancurkan. karena membalas seperti itu
hanya akan menuai kerugian
dan penyesalan yang lebih besar. artina, saya mengira bahwa jika saya
membersihkan diri dari keburukan dan tekanan
yg memang harus menimpa, maka dengan pembersihan diri itu saya telah
mengembalikan hak, anggapan en kedudukan jiwa
tapi ternyata sebaliknya justru menimbulkan kerenggangan antara saya dg org yg
mengkritik dan menekan saya.
lebih dari itu, menyulutkan api permusuhan dan sikap tidak menerima meski
jelas-jelas ia yang bersalah.
akhirnya, saya memutuskan untuk tidak menuntut hak saya, dan bahwa jalan
terbaik untuk keluar dari masalah ini
adalah MEMAAFKAN, menganggapnya tidak pernah terjadi, bersabar, tabah, dan
menutup telinga dan mata
terhadap semua yg pernah terjadi..

salam damai...

Aedy Nurachman (LPPM Untirta)