From: yogyafree-perjuangan@yahoogroups.com
[mailto:yogyafree-perjuan...@yahoogroups.com] On Behalf Of Prog Tel
Sent: 25 Nopember 2009 13:44
To: yogyafree-perjuangan@yahoogroups.com
Subject: Re: [YF][JAWAB] Status Ping (reply from DNS Speedy)

Dear Mas Alfiansyah & All Yogyafree Lover...
Permasalahan anda sebenarnya adalah kecepatan koneksi internet Paket Speedy
Office anda yang tidak normal. Jadi berikut ini pendapat dan masukan saya serta
pengalaman yang saya alami pada koneksi internet di tempat saya beberapa waktu
lalu. Pahami dengan jelas bbrp hal dibawah ini :

1. Ping ke DNS bukanlah jaminan kecepatan akses internet atau kecepatan SPEEDY
di tempat anda. Anda harus tahu dan harus paham fungsi DNS Server ini sebenar
nya untuk apa? Bukan untuk mengukur kecepatan koneksi anda, tapi DNS SERVER
adalah sebuah Server yang berfungsi untuk menterjemahkan atau men-translasi-kan
IP Address Numerik menjadi Web Address Alphanumeric. Jadi jika di PC anda telah
di setting IP Gateway tapi tidak di setting IP DNS Server maka PC anda tidak
bisa Ping ke yahoo.com namun bisa ping ke IP address numerik aja (
209.131.36.159 ). Begitu juga ke IP yang lain... termasuk kita juga bisa
browsing ke suatu websites tapi dgn memasukkan Numerik IP Address-nya aja,
bukan alamat websitesnya. ( jgn hanya di baca loh, tp test & buktikan ).

2. Jika anda ingin tahu kecepatan bandwith anda yang sebenarnya, cek saja ke
alamat / link dibawah ini :
http://www.sijiwae.net/speedtest <http://www.sijiwae.net/speedtest/>
http://www.speedtest.net <http://www.speedtest.net/>
http://us.mcafee.com/root/speedometer
http://mybroadband.co.za/general/speedtests.htm

3. kita juga harus pahami agar tidak salah persepsi dalam memahami kecepatan
transfer data. Coba cek ke link ini :
http://www.sijiwae.net/speedtest <http://www.sijiwae.net/speedtest/>

Perhatikan tulisan dlm kotak :

Kecepatan koneksi :

862.6 Kbps

105.7 K Bytes/sec

Nah kita harus pahami ada pembedaan yang tegas antara Kbps ( Kilo bit per
second atau Kb/s) dan KBps ( Kilo Bytes per second atau KB/s). 1 Byte = 8 bit.

4. Mengenai koneksi internet lambat... Coba anda ikuti petunjuk komparasi
berikut ini, lakukan Test Ping ke yahoo.com tapi sebelumnya pastikan PC yang
lain di matikan dulu agar hasilnya benar2 akurat. Selanjutnya dari CMD lalu
"ping yahoo.com -t". Jika RTO dari ping ini lebih dari 50%, maka jaringan anda
terindikasi ada "Something" yg tidak beres yaitu Conficker. Matikan Switch &
Modem lalu lakukan Scan & Clean PC Client anda 1 per-satu...

5. Jadi... sebelum menyalahkan orang lain / sebelum menyalahkan Telkom
Speedy... pastikan jaringan anda bersih dan tidak bermasalah. Komparasi juga
dengan menganti Modem ADSL yang lain... Okey... selamat mencoba...

  _____