From: Dian Paramour <azzam_nasy...@yahoo.co.id>
Subject: Re: [YF][JAWAB] Lab Komputer untuk Sekolah
To: yogyafree-perjuangan@yahoogroups.com
Date: Sunday, December 6, 2009, 8:11 AM

      berapa estimasi untuk mebangun warnet kaya gitu dengan  10 client?

Dari: rusty krusty <riff...@yahoo. com>
Judul: Re: [YF][JAWAB] Lab Komputer untuk Sekolah
Kepada: yogyafree-perjuanga n...@yahoogroups. com
Tanggal: Kamis, 3 Desember, 2009, 5:32 PM

      seperti pa Onno bilang, bisa menggunakan LTSP (Linux Terminal Server
Project) yaitu menggunakan 1 server untuk menangani beberapa client. kliennya
itu bisa tanpa harddisk, yang penting kita bikin server nya yang paling bagus
spek nya karena untuk klien bisa menggunakan pc setara p1 sampai p3 juga ga
masalah, karena nantinya dia akan berlaku seperti komputer server.
1. untuk komputer server bisa menggunakan P4 quadcore dengan RAM 4 GB harddisk
optional bisa 80Gb - 250 Gb tergantung banyak data yg mau disimpan, yg penting
server punya processor dan ram yg top
2. untuk klien bisa pk pentium 1 sampai p3, isinya ram 256 vga 8 mb dan yg
penting lan card yg bisa
 boot room aliasa booting melalui lancard karena nantinya g pk harddisk
3. monitor standard
4. OS pilihan bisa memakai Ubuntu atau PCLINUXOS
5. Kelebihannya, maintenance yg penting untuk server,
 karena server adalah otaknya,segala sesuatu dikendalikan server. sehingga
lebih gampang karena tidak akan terjadinya yg namanya klien error OS nya
6. listrik bisa lebih hemat karena tidak pk harddisk

Sy sdh buat LTPS untuk warnet di Bandung, Tangerang dan Depok, sampe sekarang
belum ada masalah, sdh jalan 1 tahun lebih

Alternatif lain bisa menggunakan PC station tp harganya tetep relatif mahal
sekitar 750 - 1 jutaan per unit nya.

Kontak Saya
Ricky Mahardhika
Ym ID riff...@yahoo. com
hp.0899.698. 4.896
flexi.022.76050123 (tdk sms/layarnya rusak)

terima kasih mudah2 an bisa membantu, mudah2 an kita bisa kerjasama, untuk
gambaran selanjutnya mgkn bisa janjian untuk bertemu.