From: Prog Tel <progtel2...@yahoo.com>
To: yogyafree-perjuangan@yahoogroups.com
Cc: Ardhiansyah Firdaus <ardhians...@dchannel.co.id>; lut...@omadata.com
Sent: Tue, January 26, 2010 10:11:13 PM
Subject: Re: [YF] [SHARE] Update NOD32 v.3 ( How To Protect Your Network from
Conficker )

Sinetronnya berjudul "Cinta Nathan untuk Yogyafre" kaleeee..... ...

OKE LAH KALO BEGITU... berikut ini kelanjutan cerita tentang Fitri... eh..
tentang Conficker maksudnya...
Saya sharing ini hanyalah sekedar berbagi cerita tentang apa yang saya lakukan
dan strategi apa yang saya gunakan. Kalo anda bilang.. "Ah.. pake Linux aja
beres...!!!". Itu menunjukkan bahwa anda belum mengerti bagaimana tentang Dunia
IT di Corporate atau infrastruktur dan Policy di perusahaan, apalagi perusahaan
besar / menengah ke atas. Karena TIDAK SEMUDAH ITU MENGANTI SISTEM, TIDAK
SEMUDAH ITU MENGELUARKAN BUDGED alias menganti OS itu tidak sesimple menganti
OS di laptop kita sendiri. Murah atau Gratis itu bukan berarti mudah, karena
banyak pertimbangan yang harus kita lakukan...

Ada banyak faktor, diantaranya faktor kebijakan Manajemen, Faktor Data
Perusahaan, Faktor Bisnis Proses perusahaan, Faktor Kompatibilitas System yang
lama ke System yang baru, serta Faktor ZERO DOWNTIME ( khususnya bagi
perusahaan Manufacturer yang produksi 1 x 24 jam x 365 hari. Kalo anda
menangani Warnet dengan 20 PC atau 10 PC, anda bisa melakukan penanganan
seperti ini :

1. TUTUP WARNET 1 X 24 JAM.
2. MATIKAN JARINGAN SECARA TOTAL.
3. SCANNING DAN CLEANNING SEMUA HARDDISK 1 PER 1.
4. UPDATES SECURITY PATCH.
5. INSTALL ANTIVIRUS & INSTALL ANTI SPYWARE.
6. KALO PERLU, INSTALL ULANG SELURUH OS + APLIKASI TIAP PC.
7. BERES!!!

Tahapan yang sama di atas sama dengan yang kita lakukan pada PC di Jaringan
Corporate, namun teknisnya beda dan tidak sesimple itu. Karena butuh waktu yang
tepat, sebab jika tidak maka Downtime yang terjadi akan menganggu bisnis proses
perusahaan yang dapat mengakibatkan kerugian bisa mencapai ratusan juta bahkan
lebih dalam sehari. Kalo anda menjadi staff IT di suatu perusahaan tsb, apakah
mau menganti kerugian tsb dgn memotong gaji anda perlu bulan? Butuh waktu
berapa tahun?

Sekedar info aja bahwa ada sebuah kisah nya yang di lakukan oleh seorang Dosen
TI di sebuah Perguruan Tinggi di Surabaya, dia ( bersama Timnya ) mendapat JOB
membersihkan Virus Conficker dari Jaringan di sebuah Perusahaan yang cukup
besar di Kota Malang. Dengan kontrak perjanjian yang berbunyi... ==> Bahwa jika
dalam penanganan virus Conficker ini terjadi DOWNTIME jaringan sekalipun hanya
1 menit, maka Tim ini tidak akan di bayar sepeserpun oleh perusahaan. Karena
perusahaan ini harus online 1 x 24 jam x 365 hari. Okey, setelah persiapan
peralatan dan sechedule yang telah di tentukan maka Mantenance, Scanning &
Cleanning Conficker di jaringan perusahaan ini dilaksanakan dan HASILNYA ADALAH
... ===> GAGAL. Karena terjadi Downtime pada jaringan dan tidak di bayar
sepeserpun.

Dari pengalaman ini marilah kita ambil hikmahnya agar kita tetap waspada dan
berhati-hati serta tidak takabur...
Dan Tahapan2 atau Strategi yang saya lakukan dalam menangani PC di jaringan
saya dengan jumlah sekitar 100 PC dan 6 buah Server serta dengan personel
sebanyak 3 orang. Yaitu :

1. Siapkan sejumlah PC yang di Install dgn Antivirus yg qualified, pastikan
FRESH INSTALL.
2. Pastikan tidak ada koneksi Internet selama masa maintenance ini.
3. Matikan jaringan secara TOTAL ( bisa bertahap dengan menarik harddisk setiap
PC lalu di istirahatkan hingga sechedule pemasangan kembali ).

4. Ambil harddisk dari masing-masing PC dan Scan satu persatu.
5. Pasang kembali harddisk, InstallAntivirus+Antispywa re yg tepat, update
Service Pack &Security Patch yg uptodate.
6. Tahap ke-enam ini adalah tahap yang paling sulit namun menjadi tahap yang
paling menentukan. Yaitu Pemisahan Jaringan Kerja dan Jaringan Internet. Butuh
tambahan peralatan dan juga agak ribet atau agak me-repotkan user soal DATA
MOVING ( dari jaringan kerja ke jaringan internet dan sebaliknya ).

7. Matikan USB semua PC di jaringan atau... anda / IT membuat aturan atau
Policy agar DATA DARI LUAR YANG MASUK atau DATA YANG KELUAR MASUK JARINGAN
HARUS MELALUI PROSES SCANNING OLEH STAFF IT.
7. Selain Blokir Port USB, kita juga bisa Setting White List USB Device. Jika
kita gunakan eScan, kita dapat untuk melakukan monitoring USB Device dengan
fasilitas Password danWhite List Device.

8. Btw, saya sedang proses Licensing eScan... semoga saya di kasih bonus Free
License eScan yang bisa di sharing untuk rekan2 Yogyafree... Amin... Dan jika
teman2 berminat untuk membeli Licensi eScan untuk corporate-nya atau perlu
support khusus dari saya tentang penangan Conficker, bisa kontak saya via
japri...