Dear All Yogyafree Lover,
Saat saya membaca tulisan Pak Onno ini :
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Alternatif_Jalur_Menuju_Pakar

Saya jadi merenungkan dan merasakan bahwa apa yang di tulis oleh Pak Onno
tersebut juga sebagai realita perjalanan saya. Menurut penilaian saya, 90%
Skill IT yang saya miliki adalah hasil Autodidak, hasil riset / trial dan
pengalaman yang saya lakukan / alami sendiri. Keinginan untuk menguasai sesuatu
teknologi mendorong saya untuk tekun berusaha dan mencoba. Hari2 saya isi
dengan Percobaan, Trial, Pengujian atau riset tentang sesuatu dan setelah
berhasil tentunya saya implementasikan, lalu saya dokumentasikan dan saya
sharing untuk semua orang yang mau membacanya...

Selain itu... prinsip saya adalah penguasaan tentang sesuatu hingga benar-benar
EXPERT atau Profesional. Jadi bukan cuman setengah-setengah aja. Contohnya :
saya belajar Mikrotik hingga expert serta bisa di jadikan materi workshop yang
bisa di nikmati pembelajaran nya dengna mudah oleh ratusan orang. Begitu juga
dengan Database Server Oracle, sebelum tahun 2003 saya juga tidak kenal Oracle
sama sekali. Lalu saya belajar dengan tekun bahkan saya berhasil
meng-implementasikan Oracle RAC yang notabene hanya dikuasai oleh segelintir
orang yang bisa dihitung dgn jari. Yang membanggakan adalah implementasi RAC
tersebut beberapa kali mendapat kunjungan dari Manajemen / Director Oracle
ASEAN dan sekali kunjungan dari Mr. Lee Thomson ( Managing Director Oracle ASIA
- PASIFIK ).

Maaf yach bukan sayabermaksud unjuk gigi, tapi saya sekedar memberikan wawasan
dan motifasi kepada rekan2 semua bahwa siapapun bisa menjadi berprestasi atau
bisa menjadi orang yang hebat jika kita mau focus dan profesional. Siapapun
anda bisa berprestasi atau bisa mencapai prestasi yang dapat dibanggakan (
namun tdk perlu takabur atau tinggi hati ). Siapapupun bisa menjadi pakar yang
hebat seperti Pak Onno W. Purbo, sekalipun bukan dari disiplin ilmu
Informatika. ( Apalagi rekan2 yang dari Informatika semestinya bisa lebih baik
dan lebih profesional lagi loh...).

Selain itu, saya juga seringkali menerima curhat rekan2 YF yang bukan dari
jebolan IT tapi mereka bisa menjadi lebih EXPERT daripada Staff IT di
perusahaan mereka. Itu karena mereka gemar membaca, mencoba, bertanya dan
berdiskusi dengan forum atau komunitas ( khususnya Yogyafree ).

So.......... dari sinilah marilah kita berprestasi dan profesional agar dapat
menjadi orang yang hebat, BUKAN SEKEDAR MENJADI ORANG YANG BIASA-BIASA SAJA.
Bayangkan jika Komunitas Yogyafree dan IT Nasional dipenuhi dengan orang-orang
yang hebat....???