Kalo mau Jago di bidang Networking, gak perlu jago programming. Anda hanya
perlu banyak menguasai perangkat atau Peripheral Networking serta Networking
System. Seperti Router, Switch, Fiber Optic, dll. Anda juga harus mengusai
Topologi jaringan dengan baik, mampu mendesain jaringan dengan tepat... Semakin
banyak anda menguasai teknis dari berbagai jenis produk Networking maka anda
juga akan semakin Expert. Banyak pengalaman = banyak keahlian = banyak
tantangan = jago networking. Percuma juga kalo anda cuman ngerti teori doang
tapi tidak ada implementasi.

Sebelum menguasai peralatan atau produk networking, anda harus memahami konsep
dasar jaringan itu sendiri. TCP/IP, DNS, Gateway, Routing, VPN, dll. Lalu
pahami Networking System di Windows Network dan di Linux Network, Storage
System Network ( SAN & NAS ), Server System ( Win - Lin ), dll, dll,

Mungkin akan lebih jelas lagi kalo rekan2 pahami tentang Job Description dan
Job Kompetensi untuk Network Administrator di tempat saya bekerja. Saya
sertakan dalam attachment email ini...