Dear Rekan Taufik,
"Bagaimanakah cara untuk mengetahui apakah suatu OS Windows dan Ms. Office yang
ada
di sebuah PC license (original)..???"

Kalo menurut pengamatan saya, OS / Aplikasi itu dibilang LICENSED itu ada 2
macam :

1. LICENSED di lihat secara software atau Online.
License ini dapat dilihat secara online seperti yang disampaikan Mas Ivan, atau
mengunakan software Microsoft Genuine Advantage Diagnostic Tool.
http://www.4shared.com/file/49075521/862c7581/Microsoft_Genuine_Advantage_Diagnostic.html

2. LICENSED di lihat secara SERTIFIKAT ( COA Certificate atau VLK Certificate ).
Nah kalo COA Certificate ini bentuknya Sticker Hologram License yang harus
menempel pada PC / Laptop dan rada-rada susah dibajak ( tapi kayaknya ada juga
beredar COA Aspal, hati2 yach ). Kalo VLK sich saya rasa percuma dibajak karena
pemilik VLK ini umumnya perusahaan2 besar sehingga pemilik VLK sudah masuk
daftar khusus Customer Microsoft.

Btw, saya melihat dari sudut pandang saya pribadi bahwa pertanyaan anda ini ada
suatu tujuan khusus. Apakah anda merasa khawatir akan adanya SWEEPING oleh
pihak yang berwajib / BSA??? Karena... ehem... ehem... saya tahu koq kalo
member Milis / Forum Komunitas Yogyafree XCode ini ada rekan2 dari Aparat
Berwajib / BSA. Dan mereka pun juga belajar banyak dari diskusi kita, termasuk
belajar bagaimana TEKNIK BERKELIT dari LICENSE serta belajar bagaimana membuka
SIMPUL BERKELIT tadi... hahaha... Waspadalah...!!!

So... baca artikel ini selengkapnya :
http://artikel.xcode.or.id/2010/03/22/trik-membuat-windows-xp-bajakan-jadi-licensed