Hi Gank!

Saya lagi baca buku Masters of Change (William M. Boast, Phd), ada
cerita soal jebakan pikiran yg menarik.

Kasus 1
-------
Suatu hari seorang anak naik mobil dg ayahnya. Pada suatu tikungan si
ayah mengendarai mobil dg sangat kencang hingga mobilpun masuk jurang
dan rusak berat. Si ayah meninggal seketika, si bocah luka berat. Sebuah
ambulans datang, membawa si bocah dan melarikannya ke ruang gawat
darurat. Agar nyawanya dapat diselamatkan, ia perlu segera dioperasi,
dan dalam hal ini sangat diperlukan seorang dokter.
Dokter bedah datang dan berkata, " Ya Allah, saya tidak dapat
mengoperasinya---ia anak laki-laki saya!"

Bagaimana penjelasannya ?

Kasus 2
-------
Seorang ibu berjalan menuju taman kanak-2x pada hari pertama sekolah dg
menggandeng kedua anaknya --- dua gadis kecil yg sangat mirip dan
berbaju sama. Ia berkata kepada gurunya, " Saya ingin menyekolahkan
kedua anak saya disini."
Si guru, terlepas dari keadaan, menyimpulkan: pertama-tama, kedua gadis
kecil itu adalah saudara kandung. Kedua, si wanita adalah ibu kandung
mereka. Ketiga, mereka memiliki ayah kandung yg sama dg nama keluaraga
yg sama. Keempat, seluruh keluarga tingal bersebelahan dengan tetangga
di dalam rumah yg sama. Akhirnya si guru menyimpulkan bahwa mereka lahir
pada tanggal, bulan, dan tahun yg sama. Ia menoleh pada salah satu gadis
itu dan berkata, "Ah, kamu dan kakakmu pasti kembar, kan ?"

Kedua gadis berkata, "Tidak."

Si guru berpikir, " Ternyata gadis-2x ni tidak terlalu cemerlang." lalu
ia berkata kepada ibunya, "mereka kembar, kan?".

Si ibu menjawab, "Tidak, mereka tidak kembar."

Bagaimana penjelasanya ?

--
syafril
-------

Copy Darat (Halal Bihalal, Natal dan Tahun Baru) akan dilaksanakan 4-5 Januari 2003,
lihat footer Milis [EMAIL PROTECTED]