----- Original Message -----
From: "Syafril Hermansyah" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, January 15, 2003 4:49 PM
Subject: [yonsatu] Bahasa Jerman dan Perancis [ was Re: Re: nemu nama-jawab]

> He...he.. he.. Bahasa Jerman ini lbh mudah bagi saya menterjemahkannya
> dpd bahasa Perancis (Sunda) spt yg disampaikan Pak Djoni kemarin.
> Saya praktis belajar bahasa Jawa dan Sunda di Bandung, dari teman-2x
> sekolah (bahasa Sunda) dan teman-2x di rumah kost (bahasa Jawa).

Saya juga bukan orang Jerman (Jawa) atau Perancis (Sunda), dan belajar kedua
bahasanya juga ketika di Bandung, juga dari teman-teman.
Hanya saja karena saya sekolahnya terlalu lama, jadi kemampuan bahasa
"Jerman" mau pun "Perancis" saya itu lumayanlah untuk sekedar mengerti.

> Nampaknya teman-2x di kost lbh sukses mengajar saya dibanding teman
> sekolah :-)

Saya punya teman seangkatan dan sejurusan di ITB yang berasal dari Solo,
Jawa Tengah. Sekian tahun setelah bersekolah di Bandung, bahasa
"Perancis"(Sunda)-nya masih payah.
Suatu kali seorang rekan seangkatan dan sejurusan lainnya, yang asli orang
Bandung, semacam "menegur" teman saya yang dari Solo itu, mengapa setelah
sekian tahun tinggal di Bandung, koq belum juga bisa berbahasa Sunda.
Teman saya itu dengan tenang, dan dengan logat Jawa-nya yang "medok",
menjawab:  "Kamu juga sudah sekian tahun sekolah di ITB, koq ya belum bisa
ngomong Jawa...??"

Wasalam.