On Thu, 27 Feb 2003 01:07:28 +0700 Akhmad Bukhari Saleh (ABS) wrote:

> Saya juga mengkoleksi buku Karl May, tetapi hanya yang "kuno", yang
> terbitan Noordhof-Kolff di awal tahun 1950-an, itu saya punya lengkap.
> Yang terbitan Pradnya Paramita sudah nggak, terjemahannya jelek,
> menerjemahkannya sering nggak lengkap.

Koleksi saya yg terbitan Pradnya Paramita, krn semasa SMTP dulu toko
bukunya dekat sekolah (SMTPN 11 Jkt, tokonya di Mayestik). Ada sih yg
terbitan kuno (sisa koleksi kakak saya) spt Raja Minyak, Wasiat
Winnetou.
Buku Karl May yg pertama saya baca 'Putera-2x Suku Mimbrenyo".

BTW. Bukannya Noordhof-Kolff nama lama dari penerbit Pradnya Paramita ?

Pradnya Paramita memang ada mengeluarkan versi 'singkat' (3 buku
digabung menjadi satu) utk bbr seri, a.l. Kara Ben Nemsi, akan tetapi
versi yg asli juga masih diterbitkan.

> Sudah punya/baca buku Karl May yang baru terbit tahun 2002 yang lalu?
> Judulnya "Dan Damai Di Bumi!" ("Und Friede Auf Erden!"), tentang Old
> Shatterhand datang ke Sumatera...

Wah baru denger, nanti saya carinya.
Yg lagi saya cari juga adalah 'Perompak-2x Sungai Tigris', punya
Pak?

> Tahun ini akan terbit "Winnetou I" ("Winnetou, Die Opperhofd Der
> Apachen") yang menceritakan sejak awalnya Old Shatterhand berkenalan
> dengan Winnetou(juga dengan Intschu-Tsuna dan Nscho-Tschi tentunya).

Saya masih punya buku itu (Winnetou Ketua Suku Apache), praktis semua
judul buku yg tercantum di daftar karangan Karl May terbitan Pradnya
Paramita (di halaman akhir ada ditulis daftarnya) saya punya.

Syafril Hermansyah<syafril-at-dutaint.co.id>