WCDS,

Saya setuju bahwa sumbangan Yon I kepada ITB bukan hanya sekedar penjaga
keamanan. Yon I, sebagaimana UKM lain, harus berfungsi sebagai wahana
pembentuk karakter. Dan saya rasa Yon I sudah punya sistem pembinaan anggota
yang sangat bagus untuk menciptakan mahasiswa plus. Sebagaimana motto-nya
Widya Castrena Dharma Sidha, penyempurnaan pengabdian dengan ilmu
pengetahuan dan ilmu keprajuritan. Ilmu keprajuritan di sini berarti luas,
bukan hanya sekedar kemampuan menembak misalnya.

Saya bisa memaklumi juga bila alokasi dana bagi Yon I dipangkas, dan
disamakan dengan UKM lain. Sebetulnya hal ini dari dulu sudah menjadi bahan
pemikiran kami, bahwa perlakuan 'istimewa' dapat menjadi bumerang bagi Yon
I. Tapi kalau boleh bertanya kepada pak Adji, apakah unit-unit lain,
khususnya marching band atau paduan suara juga mendapat alokasi dana seperti
Yon I pada saat ini?

Pemindahan posko ke sebelah GSG sebetulnya juga dapat saya maklumi. Karena
UKM lain juga mengalami nasib serupa, dipindahkan dari 'istana'
kebanggaannya. Namun demikian, bagaimana pun, hati kecil saya
sungguh-sungguh tersentuh jika melihat posko lama di samping aula timur. Di
mana pada suatu kurun waktu kami mengalami masa-masa indah di situ.

Dari pernyataan pak Adji di bawah, terkesan bahwa pak Adji punya suatu
konsep untuk mengentaskan Yon I.

Wassalam,
Oetomo Tri Winarno/Ekek 24