Kelihatannya pemikiran pak Aji sudah mulai mengarah pada resimen
teknologi, yang  memberikan bobot lebih pada bidang keilmiahan
(teknologi militer)  dari kegiatan-kegiatan batalyon I/ITB. Selama
ini batalyon I sukses menjalankan berbagai kegiatan simposium dan
pameran (1991 & 1994), sayangnya sukses ini hanya memberikan nilai
tambah pada manajemen dan kepemimpinan, tidak pada keilmiahannya.
Saya setuju dengan pak Adji bahwa kegiatan keilmiahan dapat
disingkronkan dengan kegiatan perkuliahan, sehingga tidak menyita
banyak waktu buat adik-adik. Kegiatan-kegiatan lapangan, kepemimpinan
dan manajemen, seperti diksar,dinas staf suspelat, dan job-job staf
dan lain-lain, tetap diperlukan sebagai suatu standar dan pembentukan
karakter, kepemimpinan dan regenerasi dibatalyon, hanya waktunya
dipersingkat dan sebagian dapat diberikan lewat internet/milis (hanya
problemnya adik-adik kita mudah dan bisa nggak mengases intrenet).
Milist, dan internet, akan mengefisiensikan waktu secara drastis,
termasuk untuk dalam surat-menyurat, perintah komandan, surat
keputusan dll, juga dalam penyimpanan data-data batalyon. Di PPI
(persatuan pelajar Indonesia) di Osaka dan Nara dimana saya sebagai
ketua, kita mengembangkan sistem pembelajaran dan organisasi lewat
milis dan internet. Adik-adik mahasiswa baru (yang baru tamat SMA)
yang biasanya kejepang lewat jalur beasiswa (entah membusho, atau
lainnya) disadari kemampuan organisasinya sangat minim, apalagi
mereka ini kebanyakan adalah "pelajar murni" (yang kerjaanya selama
SMA belajar doang) dan sedikit mengalami pengalaman organisasi.
Mengingat kesibukan belajar masing-masing, selain tidak satu
kampus/universitas,  sulit buat kita mengadakan pelatihan-pelatihan
kepemimpinan dan organisasi buat adik-adik ini, solusinya adalah
menggunakan internet dan milist. Diskusi, keputusan, surat-menyurat,
intruksi, pelatihan, dilakukan di milist, kalaupun ada rapat atau
pertemuan sifatnya hanya refreshing, olah raga, jalan-jalan atau
barbeque, sambil mengclearkan beberapa bagian. Baru-baru ini saya
membuat milis "rapat staf dan kompi" di Yahoogroups, yang
beranggotakan semua staf aktif batalyon sekarang ditambah
alumni-alumni muda yang pernah menjadi staf beberapa tahun lampau.
Alumni-alumni muda yang saya masukkan dalam milis sangat selektif,
Yaitu hanya mereka yang betul-betul berpengalaman, memeliki dedikasi
dalam jabatan stafnya. Harapan saya milist ini dapat dijadikan media
buat adik-adik kita mejalankan organisasi Batalyon I sebagaimana
sebuah froum rapat staf kompi. Ada komandan, pak Agung, yang memimpin
rapat, ada staf-staf aktif atau mantan staf yang akan mendiskusikan
dan memberikan masukan, sebagaiana saya melakukannya dimilis PPI
Osaka-Nara. Namun telah 4 bulan berselang, kelihatnnya adik-adik kita
belum terbiasa dengan sistem ini, sehingga milis tetap sepi, dan
hanya alumni2 muda, seperti Tatang, Nomo, Ezra, Bimo, Nano, Adinnur
dll saja yang sering terlihat.

Rifki Muhida