Pak Rifki,

Sesungguhnya YON I saat ini sudah mati.  Karena tidak ada kegiatan dan tidak
ada orang yang ingin berkegiatan,  walaupun masih ada Dan Yon dan 3 atau 4
orang anggota. Menurut saya akar masalah adalah animo mahasiswa untuk
bergabung dengan YON I ini sudah tidak ada. Faktor yang menyebabkan dapat
banyak hal. Salah satu adalah Budaya Masyarakat yang telah bergeser.
Sebagai contoh bentuk kasih sayang orang tua kepada putra-putrinya.

Atas dasar pertimbangan banyak hal saya mengusulkan Pentahapan untuk menjadi
anggota YON I sebagai berikut:

1. Tahap Pengenalan: memberikan wawasan dan menimbulkan minat.
2. Tahap Pelatihan Dasar: Pendidikan Dasar
3. Tahap Pelatihan Lanjut:Kursus Pelatih dll.

Pada tahap I, saya akan dukung penuh supaya ITB dapat membantu finansial dan
fasilitas.  Untung bagi ITB apabila para mahasiwanya mengetahui Kemiliteran
baik itu sarana maupun ilmu-ilmunya. Lebih jauh dapat digunakan untuk
hubungan baik dengan Instansi Militer atau Kehumasan. Kemudian, Untuk Tahap
2 dan 3 saya mengusulkan kepada para Alumni untuk membantu. Karena, Tahap 2
dan 3 ini urusan intern organisasi dalam arti bahwa sebagaimana organisasi
yang lain di kampus, kaderisasi diselenggarakan dan dibiayai oleh unit
masing-masing.

Tutuka Ariadji