Pak Hermansyah:

Saya mencoba menanggapi tanggapan Bapak terhadap tulisan Pak Rifki.  Namun,
tidak terbatas pada hanya interpretasi Pak Rifki tentang Pengembangan
Teknologi Militer.

Apabila kita berpikir lebih mendalam, kegiatan non-akademik apa yang dapat
dilakukan oleh mahasiswa dalam suasana akademik yang begitu ketat dan biaya
pendidikan yang makin tinggi? Menurut saya hanya ada tiga pilihan jenis
kegiatan:
1. Pengembangan Kompetensi
2. Kewirausahaan Mahasiswa
3. Hiburan:Kesenian atau olah raga.

Dalam hal ini yang saya soroti adalah Pengembangan Kompetensi.  Artinya,
kegiatan non-akademik yang lebih relaks dan berdasarkan minat dan bakat
tetapi dapat juga langsung digunakan sebagai penunjang akademik.

Modus seperti ini yang seyogyanya kita cari untuk jenis kegiatan Menwa.
Kemudian baru kita cari isi/bentuk kegiatan yang dapat memberdayakan potensi
YON I: Alumni dan Networkingnya.

Terimakasih

Salam

Tutuka Ariadji