From: "EVY ARYANTI" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Sunday, September 07, 2003 9:46 AM
Subject: [yonsatu] Re: [anggota] Tanggapan tentang 'Crash Program'-Re
Building Yon I/ITB

> EVY ARYANTI <[EMAIL PROTECTED]> wrote:Ass.Wr.Wb.
>
> Saya sudah membaca dan mempelajari 'Crash Program'-Re Building Yon I/ITB
yang dibuat oleh P' Susilo, P' Priyo, P' Tjipto, P' Indradjaya Dalel, P'
Budiono dkk.
> Mohon ma'af, saya tidak bisa hadir dalam pertemuan tgl 3 September karena
saat itu saya tidak berada di Bandung (keluar kota).

> Crash Program yang disusun oleh P' Susilo sudah sangat bagus, demikian
juga dengan konsep 'Team Task Force' yang diusulkan oleh P' Priyo.

> Saya tertarik untuk menanggapi komentar P' Budiono (pada saat pertemuan di
Jakarta), yaitu bagaimana cara mengukur keberhasilan crash program tsb ?
> Menurut saya hal ini sangat penting, karena pengukuran adalah suatu hal
yang vital dalam melakukan evaluasi atau pengendalian terhadap suatu
project.

> Sebelum melangkah ke 'Crash Program', saya kira perlu dirumuskan terlebih
dahulu suatu 'Visi Komprehensif' dari Organisasi Yon I/ITB agar diperoleh
gambaran yang jelas tentang PERAN, Tujuan Dasar, Karakteristik dan Filosofi
Organisasi Yon I/ITB di 'MASA DATANG'.  Karena yang saya amati selama ini,
rasanya belum pernah dirumuskan suatu 'Visi Komprehensif' Yon I/ITB (Suatu
'Visi Bersama' yang disusun secara bersama-sama dan melibatkan semua pihak
yang terkait), dan kelihatannya visi-misi Yon I/ITB selalu berubah-ubah
sesuai dengan visi-misi pribadi DanYon (2x)-nya.

> Untuk pengukuran kinerja/efektivitas dari 'crash program' yang telah
disusun oleh P' Susilo, saya kira bisa digunakan pendekatan 'BSC' (Balance
Score Card) sebagai berikut:
> Setelah 'visi komprehensif' Yon I/ITB dirumuskan, visi tsb lalu
dirinci/dijabarkan berdasarkan 5 perspektif yaitu:

> 1.  Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
>  Yaitu berbagai prioritas untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi
organisasi, inovasi dan pertumbuhan secara organisational.

> 2.  Perspektif Proses Internal
> Yaitu prioritas strategi atas berbagai proses pendidikan/pembinaan dalam
tubuh Yon I/ITB yang berorientasi pada peningkatan kompetensi menjadi
'manusia unggul'.

> 3.  Perspektif Customer (Mahasiswa ITB, ITB, dan Masyarakat)
> Yaitu strategi menciptakan nilai tambah (added value), differensiasi dan
kepuasan dari mahasiswa ITB (calon/kader Yon I dan mahasiswa ITB secara
umum), ITB dan masyarakat.

> 4.  Perspektif Alumni Yon I/ITB
> Yaitu strategi menciptakan 'sinergy' antara Yon I/ITB dan para alumni-nya.
>
> 5.  Perspektif Keuangan
> Yaitu strategi pembiayaan, pengelolaan keuangan dan profitabilitas.
>
> Ke-lima (5) perspektif tsb di atas adalah 'ASPEK-ASPEK YANG DIUKUR'.
> Kemudian dari ke-lima perspektif di atas, untuk masing-masing perspektif
(satu per satu) dirinci/dijabarkan lagi ke bawahnya (vertikal ke bawah):
> 1.  Goal
> 2.  Strategys
> 3.  Objectives
> 4.  Programs
> 5.  Targets (tolak ukur/measures dan targetnya)
>
> Susunan visi, perspektif (5 bagian), goals, strategys, objectives,
programs dan targets (tolak ukur/mesures dan target-nya) akan membentuk
suatu bagan kotak-kotak/kartu-kartu/ 'bagan scorecard' (bisa membayangkannya
kan ?).

> Jika semuanya sudah tersusun (dijabarkan) dalam suatu bagan scorecard,
kita tinggal mengembangkan tolak ukur kunci, top level score dan kemudian
mengukur dan menyeimbangkannya.
> Dengan balance scorecard tsb segala sesuatunya bisa terukur dan kita bisa
melakukan evaluasi/pengendalian/kontrol terhadap efektivitas/kinerja dari
organisasi pelaksana 'crash program' tsb.

> Program-program yang diusulkan P' Susilo dalam 'crash program' bisa
dikelompok-kelompokkan ke dalam 5 (lima) perspektif tsb di atas, demikian
juga dengan team-team-nya, sehingga proses mentoring yang dilakukan oleh
alumni bisa lebih terarah/fokus.
> Mengingat terbatasnya personil Yon I/ITB, saya kira beberapa team bisa
digabung-gabungkan dalam satu team leader, mungkin lebih baik jika team-team
tsb di kelompokkan saja menjadi 5 team leader sesuai dengan persektif
program/kegiatannya, jadi lebih ringkas.

> Wass.Wr.Wb.
> Evy Aryanti
>
> NB:
> Saya ingin menanggapi statement P' Susilo pada hal 5 tentang 'Concerns
Alumni'.  Di situ dikatakan 'Kegiatan kursus yang mengadopsi buku-buku hanya
akan menambah kebingungan para mahasiswa'.
> Wah P' Susilo mendapatkan kesimpulan itu darimana ?
> Saya kira buku-buku yang saya sebutkan dalam program-program training tsb,
sifatnya memperkaya materi.  Justru jika teori-teori dalam buku tsb
disusun/didesign ke dalam suatu materi kursus , malah akan
menambah/mempertajam pemahaman terhadap isi buku-buku tsb, karena dalam
suatu materi training/kursus yang diajarkan bukan hanya teori-teori saja
tapi disertai dengan contoh-contoh aplikasi/penerapan praktis-nya dalam
kegiatan sehari-hari.  Sorry, kalau ada kata-kata yang kurang berkenan.