On   Sat, 6 Sep 2003 19:46:15 -0700 (PDT) EVY ARYANTI  wrote  :

Mohon ma'af, saya tidak bisa hadir dalam pertemuan tgl 3 September karena
saat itu saya tidak berada di Bandung (keluar kota).
(PPS)
Karena Pak Susilo sedang keluar kota , perkenankanlah saya ikut memberikan
pandangan dan tanggapan atas nama Team yang ditugasi membuat program CORPS .
Pada pertemuan di Bandung  , sayang Evy tidak hadir  ,.. kita padahal perlu
banyak terobosan dan semangat generasi muda untuk keluar dari persoalan ini
.

Crash Program yang disusun oleh P' Susilo sudah sangat bagus, demikian juga
dengan konsep 'Team Task Force' yang diusulkan oleh P' Priyo.
(PPS)
Terimakasih , tetapi untuk selanjutnya tidak usah sebut nama Priyo atau
Susilo lagi , karena program tersebut sudah berkali-kali dibahas dengan Team
Bandung dan para anggota CORPS lainnya , karena itu sekarang sudah menjadi
milik CORPS dan  segera akan disempurnakan untuk disampaikan dalam pertemuan
CORPS sekitar minggu ketiga September di Jakarta . Rencananya setelah itu ,
program beasiswa serta perbaikan POSKO segera dijalankan dan pada acara
"launching program" sekitar akhir Oktober 2003 , diadakan acara bersama
Rektor ITB di POSKO Batalyon I ITB . Saya berharap Evy bisa menjadwalkan
acara ini , agar tidak ketinggalan lagi .

Saya tertarik untuk menanggapi komentar P' Budiono (pada saat pertemuan di
Jakarta), yaitu bagaimana cara mengukur keberhasilan crash program tsb
?Menurut saya hal ini sangat penting, karena pengukuran adalah suatu hal
yang vital dalam melakukan evaluasi atau pengendalian terhadap suatu
project.
(PPS)
Sewaktu pertemuan tanggal 8 September dengan mas Budiono , kita sempat
membicarakan hal ini , dan kita sepakat bahwa  dalam program CORPS , akan
ada minimal  tiga(3) kali pertemuan CORPS  dalam setahun yang akan
mengevaluasi  semua program yang dijalankan . Tetapi kita juga tidak mungkin
bisa mengubah keadaan saat ini hanya dengan sekali tepuk , kita harus tetap
realistis dan mengukur kekuatan kita sendiri . Yang diperlukan adalah target
yang sama dan strategi pencapaiannya yang mungkin akan melalui berbagai
sasaran antara dari tahun ketahun . Pada saat sekarang , kelihatannya
keberhasilan menaikkan lagi minat mahasiswa ITB untuk masuk Mahawarman ,
baru akan tercapai sekitar dua tahun dari sekarang , dengan catatan program
yang kita siapkan bersama ini dapat sama2 kita jalankan dengan konsekwen .

>Sebelum melangkah ke 'Crash Program', saya kira perlu dirumuskan terlebih
>dahulu suatu 'Visi Komprehensif' dari Organisasi Yon I/ITB agar diperoleh
>gambaran yang jelas tentang PERAN, Tujuan Dasar, Karakteristik dan Filosofi
>Organisasi Yon I/ITB di 'MASA DATANG'.  Karena yang saya amati selama ini,
>rasanya belum pernah dirumuskan suatu 'Visi Komprehensif' Yon I/ITB (Suatu
>'Visi Bersama' yang disusun secara bersama-sama dan melibatkan semua pihak
>yang terkait), dan kelihatannya visi-misi Yon I/ITB selalu berubah-ubah
>sesuai dengan visi-misi pribadi DanYon (2x)-nya.
(PPS)
Kita menunggu saran2 konkrit dari Evy  , untuk bisa menambah kesempurnaan
program kita . Batalyon I Resimen Mahawarman ITB adalah milik kita bersama ,
.. jadi , mari kita benahi bersama agar generasi berikutnya tetap  bisa
memperoleh yang terbaik pada masanya .

Untuk pengukuran kinerja/efektivitas dari 'crash program' yang telah disusun
oleh P' Susilo, saya kira bisa digunakan pendekatan 'BSC' (Balance Score
Card) ............
(PPS)
Sebaiknya kita tidak lagi terkotak-kotak , karena program yang dibuat oleh
Team telah menjadi Program CORPS yang harus kita koreksi , tambah-kurangi
dan disempurnakan  untuk pencapaian target yang optimal .Ukuran keberhasilan
yang sesungguhnya adalah apabila kita semua turut serta meletakkan sepotong
batu tempat berpijak bagi adik2 kita generasi Batalyon I berkutnya

Mengingat terbatasnya personil Yon I/ITB, saya kira beberapa team bisa
digabung-gabungkan dalam satu team leader, mungkin lebih baik jika team-team
tsb di kelompokkan saja menjadi 5 team leader sesuai dengan persektif
program/kegiatannya, jadi lebih ringkas.
(PPS)
Setuju , Evy agar ikut dalam Team dimaksud dan mengajak rekans lainnya untuk
memilih lingkup tugas yang cocok dengan kemampuan serta kesenangannya .
Segera kabari kita tentang anggota Team tersebut , dan usahakan hadir pada
pertemuan  minggu ketiga September di Jakarta sebelum kita melangkah dengan
"launching program"  di ITB sekitar akhir Oktober nanti .

Evy , terimakasih atas segala masukan anda dan semoga Evy selalu sukses  .
Dalam beberapa hari ini , Team akan menyampaikan materi program yang telah
rampung , untuk menjadi bahan dalam pertemuan minggu ketiga September 2003 .

WIDYA CASTRENA DHARMA SIDDHA

Wassalam ,
Priyo PS