Sehubungan dengan pembentukan Team-team Task force seperti yang dipaparkan
pada lampiran, saya mengusulkan ada satu Team Task Force lagi yang sangat
crucial, yaitu yang mengkaji kembali format Menwa Yon I yang akan kita tuju
di masa depan, melalui reengineering dari process pembentukan sarjana plus
yang sudah dipolakan pada program pembinaan anggota Menwa di masa yg lalu.
Task Force ini harus mengkaji ulang kondisi lingkungan dan kendala2 yang
ada, visi dan misi yang baru dari Menwa Yon I, dan menetapkan format atau
sosok dari Menwa Yon I yang baru (sosok organisasi maupun sosok lulusan
anggota Menwa Yon I), kemudian mengembangkan strategi2 implementasi
berkaitan dengan cara/process pembentukan, pelatihan dan pendidikan kader,
anggota dan lulusan Menwa Yon I, sertifikat, cara marketing, cara
rekrutment, cara pembinaan anggota (misal beasiswa dsb), penjenjangan karir
selama menjadi anggota Menwa Yon I dan juga kalau mungkin setelah lulus (
Perwira Cadangan ?) dsb.,dsb.,dsb.

Team Task Force ini harus bekerja sama dengan Team ROTC, karena format
pelaksanaan ROTC akan mempengaruhi format Menwa Yon I.

Demikian saran saya pak Priyo, barangkali bisa menjadi bahan pemikiran,
karena menurut saya dengan redefinisi sosok Menwa Yon I ini kita akan tahu
kemana melangkah selanjutnya, khususnya untuk pola marketing dan recruitment
serta pola pembinaan anggota. Juga kita akan tahu bagaimana menempatkan diri
di struktur ITB yang memang sudah kaku itu. Apakah Menwa Yon I akan tetap
sebagai UKM di bawah LPKM atau menjadi suatu unit lain (yang baru) sebagai
pola implementasi Pilot Project ROTC, kemudian juga bagaimana transisinya
dari UKM Menwa Yon I menjadi ROTC.

Mudah2an saran saya berguna, kalau tidak ya nggak apa-apa, sebagai wacana
pemikiran saja.
Wassalam
Krishna