On Wed, 15 Oct 2003 22:52:46 +0700
"Akhmad Bukhari Saleh" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Syafril, are you telling me bahwa indonet yang merubah setting-nya
> membuat blocking mereka lebih loose?

Ya Indonet merubah setting routernya dan mailservernya shg mail yg
ditujukan ke indo.net.id sulit connect dan akhirnya time out, kalau mail
yg ditujukan ke subnetnya Indonet (server-2x lain yg koneksinya ke
Indonet) tidak ada masalah, misalkan saja biofarma.co.id, ut.ac.id dan
banyak lagi. Dg perkataan lain, perubahan router di indonet tdk terlalu
membuat masalah (saya bisa jelaskan lebih rinci jika diperlukan mengapa
saya bilang tidak terlalu bukannya tidak masalah <g>), perubahan di
mailservernyalah yg membuat masalah.

> Dan bukannya Anda yang merubah setting menyesuaikan dengan indonet?

Sebenarnya saya mengubah setting karena mail yg ditujukan ke Indosatnet
dan subnetnya (mailserver yg terhubung ke Indosatnet, spt bppn.go.id,
bappenas.go.id dll) macet. Stl saya ubah setting, mail ke indosatnet dan
subnetnya menjadi lancar (ini indikasi bhw indosatnet melakukan
perubahan di routernya, tp tidak melakukan perubahan di mailservernya)
...akan tetapi dampak perubahan ini membuat mail ke indonet jadi macet.

Karena perubahan setting ini perlu komunikasi banyak pihak (telkom,
indonet, indosatnet), untuk sementara saya mengambil putusan semua mail
yg ditujukan ke indonet dari mail-farm saya arahkan melalui server
linux, sementara mail yg ditujukan ke indosatnet diarahkan melalui
server windows.

> Kalai iya, bagus lah.
> Selama ini saya sering sekali di-suspend di milis-milis yahoo karena
> bounced.

Wah info bagus nih, bisa jadi bahan saya untuk ngomong ke pihak indonet
bhw something wrong on their server. Sering pihak ISP tidak mengecheck
log servernya dg teliti shg dg enaknya ngomong "eveything is fine here"
:-)

BTW. Problem Internet ini bukan hanya menyangkut indonet dan indosatnet,
kebetulan saja ke-2 ISP itu yg saya tampilkan ke permukaan, dg yg lain
juga ada misalkan centrin.net.id, idola.net.id cuma memang tdk separah
dan membuat serba salah spt kasus indonet/indosatnet. Benar-2x nggak
nyaman kondisi saat ini :-(

Syafril Hermansyah