8<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<<
Temu akbar HANATA 2004, 3-4 Januari 2004 di Ciater
Pendaftaran di Milis Anggota, atau SMS ke 0815-9500-697

> waktu masih jadi Menwa, beberapa kali saya melihat
> prajurit/mantan Kopassus berbadge raider di lengannya.
> Juga beberapa prajurit reguler Kodam.

Jika kang Doddy dulu ketemu Kopassus pakai atribut "Raider",  saya menduga
sebelum masuk kopassus anggota tersebut pernah diinfantri biasa dan
mendapatkan latihan "raider" dari kodam terkait. Cukup aneh jika seseorang
sudah berkwalifikasi "Komando" masih juga menempelkan kwalifikasi "Raider"
karena jelas jam terbang/porsi latihan Komando beberapa kali lipat lebih
banyak dari sekolah Raider.
Menurut info kawan  "dekat", pendidikan Raider diberikan kepada Batalyon
Tempur /Satpur di kodam-kodam dan memang yang melatih pertama kali kursus
ini adalah dari Kopassus. Saya kira info Bang Rizal sudah cukup lengkap.

(>       Menurut "Ogut" Sutanto (anaknya P'Himawan

> 3. "TNI AD mampu membiayai sendiri pembentukan pasukan
> khusus ini tanpa bantuan dari negara lain."
> Komentar: memangnya pernah ada negara lain membantu
> kita membentuk satu pasukan ?

Dua puluh tahun  lalu beberapa kali di Kopassus mendapatkan program MTT dari
US Special Forces , anggota YON I (Samudra, sukris) sempat secara kebetulan
terjun bareng pada saat kegiatan tersebut  dilaksanakan. Emergency procedure
yang kami jadikan acuan sampai sekarang masih mengkuti cara mereka.

Detasemen Intai Amfibi (sekarang Denjaka)  beberapa kali  mendapatkan
latihan dari US Marine Force Recon, dan bahkan Delta Force sempat juga
mengadakan latihan bersama dengan salah satu detasemen anti teror kita
(medan latihan ?  classified)

Pak Prabowo saat itu  sangat berambisi agar Kopassus mempunyai kwalifikasi
setara pasukan SAS yang menurutnya lebih dari US Special Forces. Lihat
foto-fotonya sampai "syaal" yang selalu dipakainya juga dari SAS. Medan
latihan di daerah Sukabumi  di-set up persis dengan medan latihan model SAS.

Kol "chargin" Charles Beckwith yang pertamakali membentuk Pasukan Delta
Force mengakui kelebihan  kwalifikasi SAS ini setelah dia mendapatkan
pelatihan dan sempat "kerja praktek" di hutan Malaya awal tahun 60-a
(melawan siapa hayo ?).

Salam,

sukris

<http://news.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.mahawarman>