From: "younginheart5000" <crv...@yahoo.com>
Date: Tue, 02 Feb 2010 10:21:01
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Re: Reinkarnasi - -> pak Ibrahim

Ha ha ha pak Ibrahim, disatu sisi memang ada benarnya, mengatakan "hidup hanya
sekali". Dalam arti, hidup yang khusus dari si A, sejak dia lahir hingga mati
(dalam bahasa Inggris kita lihat kaitan: still alive, I am living, dsb). Kita
kita disini, ABS heng, pak David, pak Zoufy dan yang lain, hanya hidup SEKALI,
sebagai kita kita ini lho.

Kalau kita mencermati tulisan tulisan orang bule yang men-survey past life
experiences, maka kita tergugah untuk memikirkan, apakah ada kehidupan baru,
setelah kematian kita. Tentu saja, tidak sebagai kita yang sekarang.

Saya tak paham Hindu, karena itu tak berani membahas konsep re-inkarnasi dari
sisi ajaran Hindu. Tetapi Buddhisme mengajarkan, bahwa dalam diri kita ada
semacam energy, yang terus exist walau tubuh kita telah game. Mungkin, seperti
lilin, yang telah terbakar habis, akan mati flamenya. Tetapi flame ini itu akan
segera muncul, kalau dinyalakan dibatang lilin baru.

Pak Ibrahim bisa baca tulisan Ian Stevenson.

Seandainya ada daftar ahli terkemuka tentang reinkarnasi, Dr. Ian Stevenson,
seorang professor Psikiatri dari University of Virginia, pastilah namanya
tercantum. Dia telah berkeliling dunia untuk menyelidiki berbagai laporan
reinkarnasi dan menemukan sebuah pengujian yang teliti untuk menghindari
penipuan, crytomnesia dan sebagainya. Diantara lebih dari 200 kasus, hanya 20
kasus yang tahan uji oleh Dr. Stevenson yang dapat dikategorikan kasus
reinkarnasi. Tujuh dari kasus ini muncul di India, tiga di Srilanka, dua di
Brazil, satu di Lebanon dan tujuh diantaranya terdapat di suku Indian di Alaska.

Ambil contoh seorang gadis cilik yang lahir 1956 di Sri Lanka tengah, dengan
nama Gnantilleka Baddewithana. Setelah dia mulai belajar berbicara, dia
mengatakan nama ayah dan ibunya di lain tempat, juga memiliki dua kakak
laki-laki dan banyak saudara perempuan. Berdasarkan keterangan yang diberikan
oleh gadis tersebut, orang tuanya dulu berada di sebuah kota yang cukup jauh
jaraknya. Mereka akhirnya menemukan bahwa keluarga tersebut telah kehilangan
anak lelakinya pada tahun 1954. Saat Gnantilleka mengunjungi keluarga itu, dia
mengatakan bahwa dirinya adalah anak laki-lakinya yang meninggal itu dan
mengenal semua tujuh anggota keluarga tersebut. Padahal kedua keluarga tersebut
tidak pernah bertemu ataupun mengunjungi kota kedua belah pihak.

Referensi:

1) Iverson, Jeffrey's book (1976) "More Lives Than One? The evidence of the
remarkable Bloxham Tapes". Souvenir Press, London. ISBN 0-285-62239-0.

2) Dr Ian Stevenson mendirikan "The Division of Perceptual Studies (DOPS)" pada
1967, sebuah unit Departemen Pengobatan Psikiatri di University of Virginia.
Memanfaatkan metode-metode sains, penelitian DOPS fenomena penglihatan
paranormal, terutama pada anak yang mengaku dapat mengingat kehidupan masa
lalunya (reinkarnasi), pengalaman mendekati kematian, pengalaman keluar dari
tubuh, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Tak peduli apakah orang mempercayainya atau tidak, sejak zaman dahulu kala,
kepercayaan di timur seperti Buddhisme dan Taoisme telah mendukung teori ini
dalam kepercayaan mereka. Mereka percaya pada teori sebab akibat, dengan kata
lain hubungan antara ada sebab dan ada akibatnya.

Mereka percaya bahwa segala tindak tanduk seseorang dalam kehidupan ini,
seluruh perbuatan baik serta perbuatan jahatnya akan menerima balasannya. Teori
ini mengatakan bahwa kekuatan alam dari Hukum Kosmis (disebut juga Hukum
Semesta) akan melakukan hal ini. Perbuatan seseorang, baik atau jahat akan
termanifestasi akibatnya pada kehidupan masa kini atau di kehidupan mendatang,
baik itu sebagai takdir keberuntungan, atau takdir kemalangan, atau juga balas
jasa dan lain sebagainya, tergantung pada kasus tersebut.

Penganut Tao mempercayai seseorang akan menuai apa yang dia taburkan. Hal ini
menjelaskan salah satu teori Taoisme tentang delapan macam takdir reinkarnasi
seseorang, seperti kekayaan vs kemiskinan, kehormatan vs kerendahan hati,
panjang umur vs umur pendek.

Mungkin, pak Ibrahim, cara terbaik mendalami konsep ini, ialah menjalani sessi
sessi past life regression, instead memperdebatkannya dengan orang lain, yang
sering pengetahuannya atau pengalaman spiritualnya tak atau belum menunjang.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Dr. Irawan" <drira...@...> wrote:

> Ngomong2 soal reinkarnasi , saya mau syer sesuatu yang janggal dalam budaya
> masyarakat di Amerika.
>
> Herannya kalau ada yang bicara reinkarnasi diantara orang2 Indonesia
> kebanyakan yang tinggal di Amrik , mereka langsung menepis, dan menyatakan
> bahwa itu tidak ada , hidup ini hanya sekali saja !.
>
> Tapi kalau saya perhatikan kalau ngomongan itu ada diluar lingkunagn orang
> Indonesia , seperti bule, dan orang2 lainnya yang bukan orang indo. mereka
> sering ucapkan: 'You're not gonna get it until your next life" . Yang
> [...]

Kirim email ke