From: Firdaus HB <daus...@yahoo.com>
Subject: [...@ntau-net] Re:  33 TH KKSS, Bagaimana dg MINANG ???
To: rantaunet@googlegroups.com
Date: Tuesday, December 15, 2009, 7:26 AM

(.....Sambungan dari posting sebelumnya)

FAKTA:
Dari th 2002 ketika saya terpilih sebagai Sekretaris Umum Gebu Minang Jawa
Timur saya menyempatkan diri berkunjung keberbagai organisasi Minang  tingkat
Provinsi lainnya, mungkin sdh lebih dari separohnya yg saya kunjungi, bahkan
sempat menemui pengurus organisasi minang di Malaysia...ingin sekali rasanya
menghadiri pertemuan organisasi Minang di USA bisa jumpa dg Mak Ngah dan Ajo
Duta di sana.

Th 2006 saat berkunjung ke Sumatera Utara, saya diberitahu bahwa organisasi
Minang di sana lagi ribut, antara organisasi tingkat Provinsi Sumut yg dipimpin
Ibuk Prof ?? Berselisih paham dg organisasi tingkat Kota Medan. Menurut P'Romeo
Rizal (waktu itu Kanwil BI di Sumut) permasalahan itu akhirnya sampai ke
pengadilan) P'Romeo Rizal menyatakan ke saya ...malu awak P'Firdaus, kalau ambo
batamu jo Muspida Sumut dan tokoh2 lainnyo mananyokan hal iko...paniang ambo
manjalehkannyo.

Di Lampung, ambo dapek info saat ini ada pula organisasi minang tandingan
tingkat provinsi nya.

Di Bali juga sama, bahkan semakin meruncing.

Kini ditampek kami, dikandang ambo sendiri yg selama ini ambo jago dan
kembangkan... Mungkin tdk patut ambo sampaikan disiko, namun ambo berkeinginan
ini menjadi bahan pemikiran bagi kita supayo tdk terulang ditempat lain.

Hanya beberapa Minggu setelah saya terpilih menjadi Ketua Gebu Minang Jatim
tahun 2007 muncul organisasi tandingan yg di Ketuai oleh calon ketua umum yg
kalah ketika pemilihan bersama2 dg saya. Mereka bahkan mendeklarasikan sampai
ke Sumbar dg mengadakan jumpa pers di Sumbar. Kami mendiamkan saja masalah ini,
dan akhirnya hilang sendiri krn tdk mendapat dukungan.
Organisasi Gebu Minang Jatim berjalan lancar dan lebih dinamis. Namun saya tdk
menduga sama sekali pada tgl 10 November 09 (sdh lebih satu bulan sampai
sekarang) datang tiga org aktifis pemuda kita (salah seorangnya tetap yg kalah
waktu pemilihan terdahulu dan sempat mendirikan organisasi tandingan)
mendatangi Sekretariat Gebu Minang Jatim di Rumah Gadang lalu membongkar kunci
sekretariat, mengeluarkan semua arsip, komputer, printer, lemari dll milik
Sekretariat Gebu Minang Jatim sambil menyerahkan selembar Surat dari Yayasan
Gebu Minang Jatim dan mengatakan bahwa Rumah Gadang akan dikelola langsung oleh
Yayasan...padahal Ketua Yayasan Gebu Minang Jatim itu adalah seorang Datuk yg
dulunya sangat kami hormati. Berkali2 saya minta jumpa dg beliau, beliau tdk
bisa dan bahkan pakai perantarta pun saya blm juga bisa jumpa dg beliau...entah
apa yg menyebabkan ini semua. Sebetulnya ini sdh "kriminalisasi organisasi".
Saya sangat menghormati semua senior2 yg
 menasehati saya utk sabar dan tenang saja dulu...kita akan coba selesaikan
secara bijak. Para senior tahu bagaimana kebiasaan saya dlm membela organisasi
yg kadang sangat tegas menjurus keras, padahal itu dulu sebelum usia 40 th,
kini awak alah 41 tantu harus segera berubah. Barangkali Bpk dan Ibu di Palanta
ini sudah mendengar juga persoalan ini.
Ini adalah tantangan baru bagi saya dan kawan2 di Jatim utk menyelesaikannya.
Sementara alamat Sekretariat dan rapat2 pengurus Gebu Minang Jatim dipindahkan
ke kantor saya di Jl. Hercules no 6 Surabaya.

Setelah tuntas kami menyelesaikan persoalan organisasi ini nanti...terbetik
dipikiran saya bagaimana kalau tahun depan 2010 kita adakan Lokakarya Manajemen
Konflik Budaya dan Organisasi Minang, kita laksanakan di Rumah Gadang di
Surabaya, kita hadirkan yg pro dan yg kontra disetiap organisasi kita lalu
dibahas bersama2 mudah2an sampai kepada kesimpulan... "Mangapulo awak sampai
bacakak-cakak bantuak iko awak kan badunsanak lagi pulo apo bana nan
dipatangkakan"

Tks banyak, mhn pencerahan, saya menulis ini insyaAllah dalam kondisi sabar utk
pembelajaran. Saya sedang menginap di  Pangeran Beach Hotel utk sebuah
perjuangan yg tak pernah lelah...kemaren ambo ajak P'Epi Lintau bergabung dg
P'Walikota Pdg, Buya Mas'ud, P'Syahrul Udjud dan beberapa tokoh lainnya di
rumah kediaman walikota Pdg. Kita lagi mencarikan solusi atas kebuntuan masalah
Pasar di Padang, dan kita bersyukur sekali P'Syahrul Udjud berkenan turun
gunung.

Wassalam dan maaf
Firdaus HB