> Itu Jamsostek-nya yang ngga bener, dan lagi2 karena
> birokrasi dan monopoli.

Sepakat.. ayo dong dilawan sama-sama.. perubahan kan harus digerakkan..

> Mungkin sebaiknya Jamsostek juga di liberalisasi, biar
> perusahaan2/individu bebas memakai jasa Fund manajer
> yang andal dan punya integritas untuk mengelola dana
> kesejahtraan para buruh sesuai profil resiko masing2.

Liberalisasi haruslah dengan arah yang benar.. kalau kita menganggap
liberalisasi adalah langkah perubahan.. kata bung Hatta soal perubahan
"Satu-satunya syarat berhasilnya sebuah revolusi adalah pemimpinnya tahu
kemana revolusi akan dibawa dan bertanggungjawab dalam pelaksanaannya"

Kita sering melihat liberalisasi "text book", tapi kita tak pernah menyentuh
asumsi pembentuknya sehingga liberalisasi itu menjadi relevan untuk orang
banyak di dunia nyata...

> Kalau saya, hanya setuju peran negara di penegakan
> hukum ... titik.
> Dan itu terutama pemberantasan korupsi.

Betul, sehingga harus didorong kan...

> Jamsostek itu salah satu contoh buruk dari sekian
> buaaaaanyak contoh buruk peran agen goverment dalam
> ekonomi.

Apa itu negara? Kalau kita melihat negara, maka ada tiga pihak (1)
pemerintah; (2) Dunia Usaha dan (3) Masyarakat .. Terkait sistem jaminan
sosial, boleh dilihat di banyak negara .. semuanya menjadi rezim negara..

Amerika mengaturnya 100% di bujet pemerintah, sekarang Bush mau ikut Eropa
dengan "meliberalisasi" Jamsos.. dia ditentang dan dicerca, bahkan kandidat
calon presiden dari partai republik merasa rencana bush menghalangi
popularitas mereka..

Model eropa, sistem jaminan sosial adalah bisnis model asuransi, tapi
objektifnya adalah jaring pengaman sosial. Sehingga, ada premi pengusaha
(JHT, dana pemsiun, Pesangon, Kesehatan, Kematian) + premi buruh (JHT, dana
pensiun) + re-distribusi fiskal dari bujet pemerintah (penguat dana cadangan
jaminan sosial)..

Itulah yang disebut wali amanah, karena semua bayar premi.. di kita modal
disetor pemerintah di Jamsostek 50miliar TAPI tarik deviden di atas 40% tiap
tahun... padahal berputar dari hutang premi 39T.. Korupsi dan perampokannya
dimana-mana kan? Tapi, kenapa teman-teman di bursa diam saja? Apakah karena
senang dapat order Jamsostek? Ini masalah kita semua, revitalisasi bukan
hanya soal rebutan order dan kursi jabatan..

Coba liat kasus-kasus Divestasi BUMN, minta Bapepam-LK gelar perkara, pake
duit siapa itu goreng turunin harga patokan divestasi? Terus kenapa sih
Jamsostek performace placement order-nya di market, berpola bid di harga
cenderung mahal dan ask di harga cenderung murah (liat rilis yang saya
attach sebelumnya, bahkan di saham blue chip BUMN posisinya negative
spread).. Ini kan, indikator analisa bahwa untuk dapat untung di pasar yang
tak efisien, perlu dana "dongkrak"... itu ada petunjuk indikasi di placement
Jamsostek kan?

Sudah bukan rahasia lah kawan-kawan di sekuritas merasa ada yang "lucu"
disana, lalu apakah akan terus kita biarkan?

> Ya, saya pikir Perburuhan itu salah satu faktor utama;
> Survey WEF itu kan banyak faktor nya mulai dari :
> Fiscal policy,Institutional framework, Societal
> framework, Labor market, infrastructure .. etc
> Dari 2005 ke 2006 saya pikir Fiscal policy kita lebih
> bagus dengan pengurangan subsidi BBM;
> Institutional framework kita juga mulai terbentuk
> dengan terbentuknya komisi2 independen macam KPK dll,
> yang merupakan ciri negara modern. (Sayang KY sudah
> kecolongan ...:)

Liat di data yang saya attach link-nya di posting sebelumnya, ekspor naik
hanya karena harga komoditas primer naik (bukan volume), impor turun hanya
karena harga minyak turun.. Lalu, liat juga kenaikan BBM berkorelasi dengan
PHK serta dampaknya ke penurunan daya beli dari korelasi impor, ekspor di
neraca perdagangan serta cadangan devisa.. terlihat daya beli jatuh..
subsidi itu, seperti diakui Menko Perekonomian berdampak panjang ke
konsolidasi daya beli...

Kenapa makro stabil, karena ada biaya moneter dari BI yang keluar kan? Lalu
ini kan yang jadi "susu" bagi permainan capital gain di financial market..
coba lihat "intervensi" yang menaik dan subsidi yang menurun dari "framework
Pasar" yang anti subsidi apakah benar kebijakan ekonomi kita konsisten?

> Tapi, kalau debat kusir tanpa data kurang sip
> kayaknya, dari sisi saya bahwa
> memang sisi pandang seseorang akan ditentukan
> objektifnya dan juga
> subjektifitas latar belakang-nya.. Tapi, basisnya
> kan data..

Sepakat.

> --dihapus---
> Dan jangan lupa biasanya market melihat lebih ke
> depan, riil menyusul ...

Di posting sebelumnya kan sudah saya ajak buka kliping opini di media di
tahun 2003-2004, apa yang disebut itu mengemuka saat itu... Terus kapan
nyusulnya, kalau dari analisa data yang saya riset dari perspektif saya
belum ada arahnya.. karena tidak ada terobosan risk dengan sekuritisasi itu
sendiri...

> Ah Tapi total dana terhimpun (IPO + Right Issue +
> Obligasi) rasanya tidak cuman 0.49% lah.
> kalo gak salah sudah 37% dari investasi ??? Ada yang
> bisa kasih update ?? (please correct this info)

Angka 0,49% bukan hanya saya yang menghitung.. Tapi, juga Economist
Intellegence Unit (EIU) yang bermarkas di new york dalam laporannnya soal
Indonesia Financial Market review 2006..

Biar fair kasih dong data anda.. serta bagaimana IPO itu berperan ke
penyerapan lapangan kerja dan ekspansi.. faktanya target tax ratio tahun
2006 yang sudah kecil realisasasinya pun di bawah target (96%)..

> Dan pembandingnya jangan GDP dong, Investment-nya saja
> lah .. rumusnya kan :
> GDP = consumption + investment + (government spending)
> + (exports − imports);
> kalo IPO to GDP itu namanya "apple to rambutan"
> comparison;

Kenapa "apple to rambutan"? Kan ada prosentase GDP dari konsumsi, investasi,
goverment spendeing, ekspor-impor.. di data yang sudah saya attach kan jelas
dari konsumsi... katanya kita mau dorong masyarakat berbudaya investasi, ya
kita itung dong peran investasi itu terhadapa GDP..

Di file riset data outlook saya kan ditampilkan PMTB (pembentukan modal
tetap bersih) negatif di saat pertumbuhan investasi portopolio... itu kan
berarti crowding out perekonomian..

Sekarang kalau tidak ke GDP, kemana? Keluarin dong datanya...

> --dihapus--
>
> Ya saya sepakat,
> Tapi tentang penggorengan saham, meskipun fenomena tsb
> ada, itu suka di besar-besar kan.
> karena mungkin menarik bagi pembaca kontan dan bisnis
> indonesia he2 ...
> Masyarakat kita itu "penggosip" kronis, suka kasak
> kusuk hal2 yg gak jelas ...
> sering gak bisa mbedain antara FAKTA & FIKSI ...

Kita sudah sepakat, jika tulisan (dan bahkan saya sudah attach data dan
riset saya) berdasarkan fakta dan fiksi.. tolong buktikan dengan data juga,
agar tidak debat kusir antara fakta atau fiksi...

> Mungkin yang sedang ambil Master atau PHD in financial
> economics bisa menjadikan ini sebagai riset ??
> mungkin judulnya "THE FACT & MYTH of BANDAR in JSX"
> he2 ...

Saya memang bukan PHD... So, semoga pancingan ini akan membuat PHD yang
"dianggap lebih legitimate" di riset untuk mes-share risetnya..

Ada satu hal yang mengelitik saya, yakni peran sebagai penulis.. saya
tangkap kesan tulisan di media adalah FIKSI (sementara saya juga nulis di
media).. meski bukan PHD, sebagian besar hidup saya dihabiskan di monitoring
dan investigasi transaksi manipulasi pasar dan insider trading .. saya tidak
bermain di fiksi, jalan hidup pekerjaan telah mengantarkan saya ke kawah
candra dimuka ilmu dan kesempatan research di dunia nyata..

Kalau ternyata ada yang anggap fiksi juga tak apalah :) yang penting saya
tahu dasar dari yang saya katakan (tulis), karena saya berbicara berdasarkan
data dan pengalaman hidup bukan HALUSINASI.. sharing untuk berupaya
mendorong perubahan melalui tulisan adalah sesuatu yang paling mungkin bagi
saya dengan kapasitas anak bangsa biasa saja (just my 2 sen for my beloved
country)

Salam,
Yanuar Rizky
mail to: [EMAIL PROTECTED]
on-the-net: http://www.elrizky.net
elrizkyNet>"Dari RT-RW Ke Internet Menuju Pasar Modal"

Kirim email ke