hi,

kalo saya tidak salah tangkap, pemikiran kwiek kian gie juga sama dengan
mas hardi (1-2 tahun lalu pernah dimuat di opini-kompas). bagaimana
mungkin kita sebagai pemilik minyak bumi (pasal 33) membayar hasil minyak
sesuai dengan harga di pasaran? ide pemikirannya sih, menurut saya, valid.
sayangnya tidak bisa diaplikasikan. kecuali kalau indonesia mau jadi
negara tertutup.

regards,
bayu

"Arief R Rasyid" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
24 Apr 2008 15:33 Mail Size: 21011

Please respond to
AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com

<AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com>
cc

Subject
Re: [Keuangan] Re: Bagi Hasil Minyak RI

Our Ref

Your Ref

ya enggak dong mas hardi, kalau harga pembelian nol dari pertamina, gimana
pertamina bisa untung ? gimana pertamina bisa sumbang ke kas APBN ? sama
seperti kayu.... kita tinggal tebang, tapi kalau kita beli dari yg nebang
/ motong harganya mahal ? kalau menurut logika anda... harusnya harga kayu
semua jenis itu murah, kan tinggal tebang & potong2.
bagi saya pribadi harga BBM itu nol atau sesuai harga pasar international
manfaatnya sama. yg menikmati adalah masyarakat. kalau harga bbm nol,
masyarakat akan mendapat BBM dg harga murah, sementara kalau harga BBM
tinggi pemerinta akan punya modal/dana utk pembangunan. yg menikmati
pembangunan juga masyarakat.

arief