Secara historis kita ini jagoan outsourcing.
Bupati2 Jawa mula2 outsourcing penyelesaian konflik kepada VOC, kemudian
masalah2 keamanan dst.-nya.
Pemerintah Hindia Belanda juga bagi2 tugas dengan Inggris ingat saya
urusan tanam beras dan pertahanan udara diserahkan kepada Inggris, untuk
itu perusahaan USA dilarang masuk.

Selain itu ada kasus Bea Cukai yang hasilnya setahu saya positif.
Setahu saya biaya outsourcing disektor jaza sangat besar dan menjadi
sebab utama mengapa surplus ekspor kadang2 habis.

Salam

Hok An