Jika menurut naskah aslinya (Jensen dan Meckling,
1976)- insider ownership atau kadang juga disebut
managerial ownership adalah pemilik yang merangkap
menjadi manajer.

Persoalan dewan komisaris tampaknya bersifat spesifik
di Indonesia, sedang di negara lain ke banyakan
menggunakan prinsip tunggal dewan direksi saja.

Jadi pada prinsipnya, keterlibatan aktif dan intensif
dari pemilik dalam mengendalikan atau mengontrol
perusahaan (bukan hanya sekedar pada saat RUPS)
menjadi tolok ukur, jadi kembali pada persoalan pokok:
jika dewan komisaris bekerja secara aktif dan intensif
(punya ruang kantor/kerja reguler) menghadiri rapat
penting dengan dewan direksi, tampaknya pemilik yang
menjadi komisaris layak dimasukkan dalam kategori
insider ownership.

Hal ini sifatnya relatif, tidak ada
kebenaran/kesalahan absolut dalam pilihan ini.
Sepanjang pengukuran dijelaskan dan argumentasi
diungkap dalam metode penelitian, maka dapat diterima
sebagai alternatif pengukuran insider ownership,
keberatan terhadap hal ini juga tidak masalah, karena
ilmu terus berkembang. Alternatif lainnya, gunakan
beberapa model: baik model dengan komisaris sebagai
insider, dan bukan insider, atau ditreatment sebagai
moderating variable untuk membedakkan insider
ownership yang murni tanpa komisaris (caranya
diinteraksikan dengan insider ownership murni tanpa
komisaris).

Salam
Hermeindito Kaaro

Kirim email ke