At 04:04 PM 11/25/2009, you wrote:

>Persis, saya baru mau tulis ini, terima kasih Bang Poltak.
>Tentu saja kita tidak bisa memaksa orang seperti
>Salk, sama juga kita tak bisa menyimpulkan bahwa
>tanpa insentif pasti orang tak bisa berinovasi.

Betul bahwa bisa saja tanpa insentif finansial orang tetap bisa berinovasi.
Tapi berapa banyak?  Lebih banyak manfaat atau mudaratnya?

Coba anda lihat para seniman.
Mereka adalah mahluk penuh inovasi (dalam seni) -
tetapi kalau kita tidak mau membayar mereka -
padahal kita menikmati karya mereka -- seberapa
jauh mereka bisa berkarya?  Anak-istri mereka
dikasih makan apa?  Disekolahkan seperti apa? Hidup seperti apa?

Dan kalau seorang seniman harus narik becak
supaya anak istrinya bisa makan -- berapa lukisan yang bisa dia bikin?

Hal serupa juga berlaku untuk ilmuwan dan juga
perusahaan yang mempekerjakan mereka.
Seorang ahli farmasi biasanya harus sekolah
sangat lama.  Kalau sampai gelar doktor - berarti
12 tahun.  Dan itu belum ikut menghitung puluhan
ribu jam waktu di laboratorium....

Istri saya dulu kuliah di farmasi ITB dan saya
tahu persis bagaimana tidak enaknya di
laboratorium farmasi.  Banyak zat kimia dan
sangat tinggi resiko terkena kanker.  Banyak
bahan biologis (virus, jamur, bakteri, dkk.) yang
tinggi resiko kontaminasi.  Saya sangat beruntung
karena dia nggak mau jadi ahli farmasi.

Tapi kalau semua orang tidak ingin istri /
suaminya jadi ahli farmasi -- lantas apa yang
bisa membujuk orang supaya mau bekerja di
laboratorium farmasi untuk menciptakan obat????

Bisa saja kita meniru.
Anda mau coba duluan??

Kirim email ke