Hehe..Mas
Ryan saya tidak esmosi lho apalagi marah. Tapi kalau ada kesan itu, mohon maaf
ya. Juga kepada mas Eko Prasetiyo, jika kata-kata saya tidak berkenan mohon
dimaafkan. Lha anak bukan, bini kagak, ntar kalau saya marahi bisa berabe  J
Tapi
begini, saya hanya ingin meluruskan dikotomi yang simplistis.
Pro
bail out = pro penyelamatan ekonomi negara
Kontra
bail out = pro Pansus yang cari-cari kesalahan dan perkara itu
 Seolah-olah tidak ada alternatif lain pada
kedua posisi itu, misalnya:
1.      Pro bail out tak serta merta
beralasan bahwa ini penting untuk keselamatan ekonomi negara. Pakar hukum yang
setuju bahkan sekedar melihat legalitasnya, dan saya kira secara legal-formal
bail out ini sah karena saat itu didasarkan pada landasan hukum positif yang
sah.
2.      Kontra bail out, tak serta merta
anti-bail out. Saya kesampingkan sikap politisi karena itu berada di luar
pemahaman dan sikap saya. Banyak juga ekonom yang menolak bail out secara
teoritik tapi sekaligus bisa memahami kebijakan itu diambil. Ada juga pakar
hukum yang menyoal ini karena secara normatif prosesnya tidak benar.

Nah, jika demikian sikap a priori
dan penyimpulan ‘ex ante’ pastilah tidak tepat.
1.      Pansus pasti keliru karena ini
serba politik dan penuh intrik. Bisa jadi ya dan bisa jadi tidak, wong kita
belum tahu kesimpulannya apa. Jika kesimpulannya ‘brengsek’ dan tak sesuai
fakta yang mengemuka, tanpa dihujat saja mereka akan habis. Saya kira mereka
pun terjebak dalam melodrama yg mereka ciptakan sendiri, buahnya ya semoga
rakyat
yang beruntung, ada ‘blessing in disguise’.
2.      Ibu Sri dan Pak Budiono pasti
benar, karena beliau ini orang-orang yang bersih, profesional, dan berprestasi.
Saya kira tak ada yang menyangsikan, tetapi ini tidak ada kaitannya dengan
kebijakan bail out yang diambil.
Maka saya kira tetap ada hal-hal
baik:
1.      Bangsa ini sedang berada dan
belajar merawat tegangan antara teknokratisme vs kontrol demokratik. Kita harus
bedakan mana yg secara sistem benar dengan apa yang terjadi untuk menilai
kinerja Pansus. Dengan sidang yang terbuka rasanya rakyat yg diuntungkan karena
jika parlemen pd akhirnya ‘bermain’, rakyatlah yang akan menghukum. Boleh jadi
whistleblower revolusi justru Senayan, karena kemuakan rakyat pada wakilnya.
2.      Rekomendasi Pansus kita awasi,
dan jalan masih berliku. Secara hukum yg akan menyelesaikan adalah KPK,
termasuk kepolisian dan kejaksaan. Ada kewenangan lain di luar soal kebijakan,
yakni ada tidaknya kerugian pada keuangan negara akibat kebijakan ini. Ini yang
juga kita nantikan.
Kadang kita gamang dan lelah
mengikuti cara berpikir ‘orang’ politik, tapi sebaliknya, jangan-jangan orang
non-ekonomi juga tak mudah paham dan maklum akan cara berpikir ‘orang’ ekonomi.
Maka perlu pendekatan multidisiplin, untuk duduk sama rendah berdiri sama
tinggi. Dan itulah tugas pemimpin, bagaimana ia mengorganisir semua perbedaan
ini dalam kontestasi yang membawa maslahat, tidak malah ikut-ikutan menjadi
artis sinetron.
Singkat kata, ujung semua ini
adalah krisis kepemimpinan di semua lini, utamanya di pucuk bangsa ini ketika
kita butuh sekali orang yang bervisi dan berani menjadi pandu bagi arah anak
bangsa ini menuju. Menyoal mengapa kok tuduhan ke pasangan tertentu, semoga
Anda bisa memahami dari yang tersirat. Tapi semoga kita juga tak mengulang
kesalahan, menghukum yang tak bersalah.

jabat erat,

pras