Pada tanggal 07/02/12, udey <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> Ikut nambahin ackh..... kelihatannya seru banget.
> Jika dibayangkan, semua kompter-komputer itu memakai software dan OS yg
> OpenSource penghematannya bisa sampe angka berapa yach ????
> Trus jika pakai Software ama OS yg bayar, bisa mencapai anggak berapa
> juga yach.....
> Wheleh-wheleh..........
> Bisa jadi Bukti Nyata buat Pemerintah nech...... :))
>
> regards.

Saya sebenarnya tidak tertarik membawa isu HAKI maupun Open vs Closed
Source dalam diskusi ini :) karena itu berada pada ranah yang berbeda,
yang saya sasar adalah apakah warnet warnet sadar potensi kekuatan
mereka?  Coba perhatikan angka angka yang saya sampaikan.  Angka angka
itu menunjukkan (potensi) kekuatan.

Potensi itu ada TAPI tidak terarah karena tidak adanya kesatuan.
Contoh yang paling sederhana.   Biaya bandwidth itu bisa turun secara
signifikan jika dan hanya jika warnet warnet mau bersatu untuk membeli
secara bulk.    perhatikan angka 640 mbps, angka 330M/tahun.  Itu
potensi yang harus warnet sadari.

Itu baru satu point: bandwidth.   Masih ada lagi kok yang lain seperti
content, layanan tambahan, Point of Sale.  Semua bisa dilakukan tapi
tidak akan bisa tanpa bersatu dalam satu bentuk yang terorganisir.

Yang terlihat sekarang hanya pribadi pribadi yang membuka warnet dan
tidak terorganisir.   Tidak akan di anggap oleh siapapun. Inilah
jawaban dari pertanyaan yang sering diberikan oleh warnet setiap kali
ada ajakan untuk menuju bentuk yang terorganisir: "Apa untungnya?".

--
Salam,
ID

Official Web Site : http://www.awari.or.id