On 10/22/07, endy riza <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   rekan2, saya mau tanya nih.
> saya baru buka warnet pake speedy. sekarang komputer servernya dicabut
> karena pernah hang tp clients msh jalan. plus minus nya apa yah kalo gak
> pake server?
> mohon pencerahannya yah!
> trims.

Salam....
Saya mo sekedar sharing pengalaman aja....
Keuntungannya kalo pake server (yang dalam hal ini bertindak sebagai router,
dan proxy server)
- Karena adanya proxy server, penggunaan bandwith akan lebih efisien, karena
proxy menyimpan halaman web yang telah dikunjungi, sehingga apabila ada yang
mengunjungi halaman web yang sama, maka akan di load dulu dari proxy, jika
ada perubahan baru proxy akan mengupdate halaman tersebut. (CMIIW)
- Pada router dapat disertakan firewall, yang dapat meningkatkan keamanan
system, menutup port yang tidak perlu, karena jika tidak maka system akan
jadi bulan-bulanan kejahatan cyber (CMIIW)
- Dapat membantu dalam manajemen jaringan, dan bandwith, ada beberapa router
yang menyediakan statistik dari pemakaian atau traffik dalam jaringan kita,
yang membantu kita dalam pengawasan, ataupun lainnya, tergantung gimana kita
mo arahin kemana.(CMIIW)
- Kalo mo ngeblok situs terlarang (judi / atau pornografi), dengan adanya
server hal itu dapat dilakukan.
Ini sekedar sharing pengalaman saya yang masih dangkal. Semoga
bermanfaat.....

Salam....

--
Widy Thayf