wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

kepada bpak. hans semoga Allah subhanahuwata'ala memberi kemudahan kepada
bapak dalam mempelajari islam.
1. sehubungan dengan pertanyaan bapak yang pertama, jawabannya adalah: bahwa
sepengetahuan saya tidak ada keterangan dari qur'an maupun hadits tentang
tidak bolehnya rambut menutupi dahi saat sholat terutama saat sujud, justru
yg ada adalah hadits : kami diperintah untuk bersujud dengan tujuh anggota
badan, yaitu kening sekaligus hidung, dua tangan (dua telapak tangan), dua
lutut, jari-jari kedua kaki, dan kami tidak boleh menyibak lengan baju dan
rambut (HR. Bukhari & Muslim, lihat di kitab sifat sholat nabi karya
muhammad nasirudin al-albani )
sedangkan memakai penutup kepada adalah suatu keutamaan dan merupakan sunnah
sebagaimana Rasulullah dan para sahabatnya memakainya.
2. untuk jawaban pertanyaan kedua yaitu sepengetahuan saya tidak ada
keterangan dari Rasulullah sholallahu'alaihi wasalam maupun istri beliau
tentang hal tersebut yaitu mengumpulkan rambut yang rontok saat junub untuk
diikutsertakan saat mandi junub (apakah mungkin rambut beliau atau istri
beliau tidak pernah rontok saat sedang jima'?) bagi yg mempunyai keyakinan
seperti yang bapak utarakan selayaknyalah untuk membawakan dalilnya.
demikian juga dengan makan saat sedang junub, jadi tidak perlu bapak
mengumpulkan rambut bapak yg rontok saat junub untuk di mandikan (tentu
sangat merepotkan kalau dilakukan) dan tidak mengapa bapak makan saat sedang
junub.
demikian sedikit jawaban dari saya semoga membantu, dan jika ada yg salah
mohon dikoreksi.

naryo.

"::hans::" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
>
> Bapak2 serta Ibu2 Ustadz, ada beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan &
mohon maaf yg sebesar2nya bila pertanyaan saya ini telah dibahas sebelumnya
:
> 1. Bila kita sedang shalat, apakah ada hadits/ dasar dari quran & hadits
yg menyatakan bahwa, rambut kita tidak boleh menutupi dahi selama kita
shalat terutama saat sujud, agar dahi kita bersentuhan langsung dengan
tanah/bumi tanpa terhalang oleh rambut ? dan apakah harus pakai penutup
kepala ? kopiah misalnya ?
> 2. Apabila kita sedang junub, apakah rambut/ bulu kita tidak diperbolehkan
lepas/ rontok dari tempatnya ? kalaupun kita tahu rambut kita rontok, maka
kita wajib mengumpulkan rambut2 tersebut, kemudian disertakan dalam mandi
junub. Apakah benar pendapat tersebut ? dan apakah boleh kita sehabis
berjima' dengan istri/ junub makan & minum ? soalnya ada yg berpendapat kita
tidak boleh makan & minum setelah berjima'/ junub sebelum mandi besar.
> Demikian pertanyaan saya, kurang lebihnya mohon maaf. Mohon tanggapan dari
Bapak2 serta Ibu2 Ustadz.