Wa'alaikum salam

Alhamdulillah ukhti telah memanfaatkan milis ini untuk membantu dalam
mengambil landasan hukum. Insya Allah milis ini cukup ilmiyah, karena apa
yang disampaikan semaksimal mungkin disertai alasan / argument baik dengan
ayat Al Qur'an, hadits atau fatwa ulama berdasar cara beragamanya para
shahabat. Ikut cara pemahamannya para shahabat. Bukan cara yang lain. Ukhti
bisa belajar banyak dari milis ini ...

Milis ini milis umum dan terbuka buat siapa saja. Dalam artian siapa saja
bisa join disini. Maka dari itu kita bisa menjumpai orang orang yang berbeda
tipikalnya, berbeda karakternya. Kalau asalnya dari Yogya atau Solo, mungkin
orangnya halus dan lemah lembut. Kalau asalnya dari Medan mungkin orangnya
tegas. Dst. Dan yang ikut milis ini bukan cuma dari Indonesia, tetapi juga
dari luar negeri.
Kemudian, ada juga yang join dengan latar belakang pendidikan bermacam
macam. Ada yang S1, S2, S3, SMA, D3, dll. Ada yang pandai menulis dan ada
yang tidak. Yang pandai menulis bisa lebih tepat memilih rangkaian kata kata
yang dituliskan. Ada juga yang terbiasa ikut milis dan ada yang masih baru
kenal internet. Yang baru kenal internet bisa salah faham ini postingan
siapa dan bingung cara mereply yang baik.
Semua ini berpengaruh ke cara penyampaiannya dalam menanggapi suatu
postingan...

Ketika ada seseorang yang sepertinya menghujat, kenapa kita tidak berbaik
sangka saja bahwa maksudnya itu menasehati. Tinggal dilihat saja
argumentasinya itu kuat atau tidak. Gampang kan? Cari lagi literatur dari
buku buku yang ada tentang suatu masalah. Banyak lagi diskusi (bukan debat
ya). Nah, ini namanya sikap yang ilmiyah. Jangan langsung antipati dan
apriori. (Bahasa mudahnya : tidak suka).

Yang penting harus ada upaya yang ilmiyah untuk ikut cara beragamanya para
Shahabat. Ikut kepada Manhaj Salaf. Dengan begitu semoga kita bukan orang
orang yang menjadikan Manhaj Salaf hanya sebagai bungkus saja. Memang sulit.
Kita dan para Shahabat berbeda jauh sekali. Kita malah sering jatuh bangun.
Banyak salahnya kita ini, diantaranya cara menasehati orang yang kita
lakukan tidak baik. Tetapi harus ada usaha untuk ikut kepada Manhaj Salaf.
Alhamdulillah dari tulisan ukhti, insya Allah ukhti sudah kagum dan setuju
dengan Manhaj Salaf. Alhamdulillah. Semoga ukhti menjadikan Manhaj Salaf
sebagai kulit dan juga isi (sekaligus) dari diri ukhti sendiri. Amiin.

Kalau orang berpegang pada Manhaj Salaf, tentunya akan membedakan mana yang
sunnah dan mana yang bid'ah. Sunnah dan bid'ah memang harus dibedakan. Tidak
boleh disatukan dan tidak boleh dicampurkan. Ini saya bicara konsep umum ya.
Tidak / belum menunjuk mana mana yang sunnah dan mana mana yang bid'ah.
Orang Muslim dan orang kafir pun juga harus dibedakan. Ada hak hak dan
kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang muslim dan ada hak hak dan
kewajiban yang harus dikenakan pada seorang kafir. Demikian juga Al Haq dan
Al Batil harus dibedakan tidak boleh disatukan. Anda tentu ingat bahwa Al
Qur'an itu namanya juga Al Furqan. Al Furqan artinya pembeda. Dan memang
antara yang haq dan yang batil itu harus dibedakan. Maka dari itu upaya
untuk membedakannya juga diperlukan. Diantaranya menentukan bahwa ini adalah
perbuatan sunnah dan ini adalah perbuatan bid'ah.

Yup, saya kira itu aja ya. Afwan kalau kepanjangan. Insya Allah makin lama
di sini ukhti makin paham dengan Manhaj Salaf, cara beragamanya para
Shahabat. Ini yang banyak orang cari, yaitu Agama Islam yang MURNI
sebagaimana yang dijalani oleh para Shahabat Nabi Shallallahu'alaihi wa
sallam. Yang tidak tercampur dengan bid'ah, yang terbedakan dengan bid'ah.

Jadi, jangan gerah ya...

Wassalamu'alaikum

Chandraleka
Independent IT Writer