Assalaamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Kepada Akhi mokhamad nasikhi semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada
antum sehingga tidak merasa bingung untuk mencari uswatun hasanah dalam hidup
dan kehidupan di dunia ini.

Telah jelas dalam Al-Qur'an Allah berfirman dalam surat al-ahzab ayat 21 :

"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik
bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari
kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. 33:21)

dari ayat di atas jelaslah bahwa Rosulullah shallallahu 'alaihi wa sallam
adalah orang yang paling patut untuk kita teladani baik perkataan, perbuatan
dan taqrir nya, baik suluk dan akhlaqnya. Semua perkataannya wajib kita terima
karena perkataan baliau adalah wahyu sebagaimana firman Allah :

"Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)" (QS. 53:4)

"Apa yang diperintahkan Rasul kepadamu maka terimalah dia.Dan apa yang
dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah; dan bertaqwalah kepada
Allah.Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya. (QS. 59:7)

Kemudian orang yang patut kita ikuti dan teladani adalah para shahabat beliau,
tabi'in, tabi'ut tabi'in dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik
sebagaimana firman Allah :

"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara
orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan
baik, Allah ridha kepada mereka dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga
yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya
selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar." (QS. 9:100)

Dalam hal ini apabila ada orang yang menda'wakan/menyatakan dirinya sebagai
'ulama ataupun ustadz, namun dalam praktik kesehariannya tidak beramal dengan
amalan yang sesuai dengan sunnah Rasulullah, maka hendaknya kita tidak boleh
mencontoh ataupun meneladani mereka, karena dibolehkannya kita meneladani
seseorang hanya dalam hal-hal dimana jika mereka juga meneladani Rasulullah
Shallallahu 'alaihi wa sallam baik manhajnya, aqidahnya, ibadahnya,
muamalahnya, akhlaq dan suluknya.

Dalam Islam dikenal adanya ilmu jarh wa ta'dil (celaan dan pujian) yang
digunakan oleh para 'ulama untuk mengetahui ke-tsiqoh-an 'ulama yang lain
terutama dalam masalah periwayatan hadits. Ilmu jarh wa ta'dil ini digunakan
oleh para 'ulama untuk memelihara dinul Islam ini dari orang-orang yang ingin
mengotorinya dengan berbagai syirik, bid'ah, khurafat dan lainnya dengan cara
memperingati kaum muslimin dari bahaya pemahaman yang menyimpang yang dibawa
oleh orang tersebut (secara obyektif - sebagaimana sering kita dapati dalam
kitab-kitab hadits bahwa si fulan tidak tsiqoh, si fulan ahli bid'ah, si fulan
lemah hafalannya, si fulan dikenal pendusta, dll) sehingga kaum muslimin dapat
berhati-hati kepada siapa akan mengambil ilmu tentang Islam ini.

Sebagaimana perkataan Ali bin Abi Thalib Radhiallahu 'anhu :
"Jangan kalian ikuti kebenaran karena seseorang, tetapi ikutilah seseorang
karena dia benar. Kenalilah kebenaran, niscaya kalian akan mengetahui siapa
yang benar"

Wallaahu'alam
Abu 'Ali (1402 H/1982M)
Bekasi

"mokhamad nasikhi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Assalamualaykum wrohmatullohi wabarokatuh....
terimakasih atas informasi di bawah. ini sangat membantu saya unutk mengenal
seorang walaupun tidak sepaham, paling tidak saya jadi tahu masing masing paham
dan kebenarannya

namun ada satu pertanyaan dalam diri ini, kenapa bantahan dan tulisan yang
ditujukan pada orang yang tidak sepaham begitu rupa dengan kata kata yang saya
pribadi cukup trenyuh.

saya sendiri masih bingung, apakah benar rosul kita begitu mudah melontarkan
kata kata tersebut, padahal rosul adalah uswatun khasanah.

kalo tidak benar siapakah contoh yang dipakai sehingga cap cap kafir, tukang
maksiat, pendusta, khurafat, sesat dan sebagainya mudah diucapkan.

Mohon penjelasannya...

wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

salam
Yang lagi bingung

fuad iskandar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Nazhim al-Qubrisi: Dia adalah pembesar Thariqat Shufiyah Naqshabandiyah, yang
dibaiat sebagai Imam ke-40. Lahir tahun 1922 dan sekarang dia yang melanjutkan
estafet bid'ah thoriqot Naqshabandiyah.

hisyam kabbani: Murid Nazhim al-Qubrisi yang berdomisili di Amerika, menjadi
pimpinan dan pembesar shufiyah di Amerika, mendirikan "As-Sunna Foundation of
America" dan "Haqqani Islamic Foundation". Orang ini memiliki website berbahasa
Inggris dengan nama ahle-sunnati dan sunni serta nama-nama 'palsu' lainnya.
Dari sinilah syabab Hizbut Tahrir seperti Abu Riya' al-Buali dan al-Mudzabzab
kebanyakan menukil bantahan-bantahan 'tidak ilmiah' mereka, menterjemahkannya
dan menyebarkannya ke situs-situs dan mailing lists di internet. Mereka
menjelekkan para imam Ahlus Sunnah dengan tuduhan dusta dan keji dengan menukil
dari kaum shufiyun bid'iyun, yang mengusung pemikiran sesatnya dalam rangka
menjelekkan ulama sunnah dan du'at tauhid
lihat lebih lengkap di
http://geocities.com/abu_amman/Imam-Ibnu-Abd-Wahhab.htm

--- aqila nuha <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh
>
> Afwan, ada yang tahu siapakah SYAIKH HISYAM KABBANI?
>
> Jazaakumulloh khoiron
>
> Wassalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh

Sponsored Link

Get a free Motorola Razr! Today Only! Choose Cingular, Sprint, Verizon, Alltel,
or T-Mobile.