Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh,

Berikut yang ana dapatkan dalam kitab Shahih Bukhori berkenaan dengan hal
tersebut:

Bab: *Yang Dituturkan Mengenai Baju Besi Nabi, Tongkat Beliau, Pedang
Beliau, Mangkuk Beliau, Cincin Beliau, Barang-Barang Itu Yang Digunakan Oleh
Khalifah Sesudah Beliau, Yang Tidak Disebutkan Pembagiannya, Mengenai Rambut
Beliau,Sandal Beliau Dan Wadah-Wadah Beliau Yang Ditabaruki Oleh Para
Sahabat Beliau Dan Orang-Orang Lain Sesudah Beliau (Wafat)*

" Dari Ibnu Syihab, dari Ali bin Husain bahwa ketik mereka datang di Madinah
dari hadirat Yazid bin Muawiyah di masa pembunuhan Husain bin Ali
radiyallahuanhum (Asyura 61H) maka Miswar bin Makhramah menjumpainya (Ali
bin Husain). Miswar berkata kepadanya, " Adakah sesuatu hajat kepadaku, yang
dapat kau perintahkan kepadaku?. Aku (Ali bin Husain) berkata:' Tidak ada."
Dia berkata kepadanya (Ali): "Maka apakah engkau memberikan kepadaku pedang
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Karena aku khawatir kepada kaum itu
akan mengalahkan kamu dan pedang itu ditangan mereka. Demi Allah, sungguh
bila engkau memberikannya kepaku maka tidaklah (pedang itu) lepas kepada
mereka selama-lamanya sehingga nyawaku selesai. Sesungguhnya Ali bin Abi
Thalib melamar putri Abu Jahal sesudah dengan Fathimah alahissalam, lalu aku
mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkhutbah kepada
orang-orang dalam hal itu, di atas mimbar beliau (nabi) bersabda:
"Sesungguhnya Fathimah adalah (sebahagian) dari aku, dan aku sangat
mengkhawatirkan bahwa ia terkena fitnah (gangguan dalam agamanya). Kemudian
beliau menuturkan menantu beliau (Ash bin Rabi') dari bani Absi Syams, maka
beliau memujinya dalam hubungan menantu – mertua, dimana beliau bersabda:
"Dia (Ash) memberitahukan kepadaku maka dia benar kepadaku,dan dia berjanji
kepadaku maka dia memenuhi kepadaku. *Dan sungguh aku tidaklah mengharamkan
perkara yang halal dan tidak pula menghalalkan perkara yang haram.* *Tetapi
demi Allah, tidaklah berkumpul putri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
dengan putri musuh Allah (Juwairiyah binti Abu Jahal) selama-lamanya*.

Wallahu a'lam

Syamsul