Bismillahirrohmaanirrohiim.
Betul sekali ane setuju. Ane sendiri sangat kecewa dengan fenomena yang ada, ya
mungkin ini sebagai masukan bagi kita yang mengaku berpemahaman salaf.
Ane sendiri juga hampir termakan oleh fitnah-fitnah yang ada.
Istri ane sendiri (masih ikut paham haroki) dikarenakan fobia terhadap sikap
saudara-saudara kita yang mengaku dirinya salafy (entah salafy yang mana). Cara
sikap yang tidak manis dalam bergaul tak ada senyuman dan tegur sapa. Terkesan
angkuh dan dibilang tidak berakhlaq serta tidak memiliki fiqudda'wah. Padahal
Rasululloh sendiri berdakwah dengan senyuman dan simpati.

Tapi setelah ane jelaskan bahwa fenomena seperti itu dikarenakan tingkat
pemahaman dari masing-masing individu yang berbeda-beda, sedang ulama-ulama
salaf senantiasa mengingatkan kita untuk berdakwah dengan ihsan sesuai dengan
perintah Alloh dalam QS: ANNahl-125 :
"Serulah  kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan
bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih
mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih
mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk."

Alhamdulillah sekarang istri ane mulai mau mengikuti kajian salaf ini
dikarenakan sikap ihsan tadi. Tapi istri masih ikut juga dakwah haroki. Dan Ane
maklumi karena sepenuhnya dia belum paham akan hal ini, bukan dalam artian ane
membiarkannya jatuh pada sesuatu yang menyimpang pada jalan yang benar. Tapi
bertahap dan tidak bosan-bosannya untuk mengingatkannya. Insya Alloh kita semua
berada dalam bimbingan Alloh dalam mencari kehidupan yang haqiqi.

Demikian kesan ini.
Afwan bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Yang benar hanyalah dari Alloh
semata.

--Abu Huriyah.