Waalaikum salaam

Untuk makanan dan produk jenis coklat (mengandung lecithin), mengandung daging
sembelihan, dan berpotensi mengandung alkohol (seperti penyedap rasa ang ciu,
obat batuk, tape, minuman fermentasi, dan sebagainya) maka sebaiknya agak
berhati-hati dalam mengkonsumsinya karena dikhawatirkan jika belum ada
sertifikasi halal apalagi yang dari luar negeri maka mengandung unsur yang
dapat mengharamkannya untuk dikonsumsi.

Namun secara umum kalau barang itu berasal dari indonesia maka kita hukumi
halal karena mayoritas penduduknya muslim dan Indonesia negeri muslim maka
makanan seperti daging sembelihan dianggap halal walaupun, wallohu'alam,
disembelih syar'i atau tidak (kecuali yang ketahuan bangkai).

Kalau saran saya agar anda lebih selamat dan hati2 maka coklat tersebut
sebaiknya tidak dikonsumsi namun jangan ditolak di depan teman/atasan anda
kalau anda takut ia tersinggung berikanlah saja di belakang kepada orang atau
rekan kerja non-islam anda atau tinggalkan saja di kantin atau ruang umum
lainnya biar yang mau yang mengambilnya.

Wallohu'alam

"Nanang, Ruli" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: assunnah@yahoogroups.com
11/02/2007 07:09 AM
Please respond to assunnah@yahoogroups.com
To assunnah@yahoogroups.com
Subject [assunnah] Tanya: menyikapi pemberian makanan yang tidak berlabel HALAL

Assalaamu'alaikum,

Afwan saya mau tanya,
Saya sering kali dapat makanan dari teman atau atasan saya, berupa coklat
atau makanan ringan lainnya. Pada kemasan makanan itu tidak terdapat label
HALAL.
Apa yang sebaiknya saya lakukan. Haruskah saya buang makanan itu? Padahal
saya sudah menerimanya..
Atau saya berikan ke orang lain? Atau saya simpan saja. Terus terang saja,
saya ragu dengan kehalalan makanan itu.

Wassalamu'alaikum,
Ruli

Ketentuan posting : http://milis.assunnah.or.id/mlbios.php/aturanmilis/